Rabu, 09/05/2018 10:58 WIB

Beauty Blogger Ini Banjir Kritik karena Beri Tips Mencerahkan Miss V

Hestianingsih - wolipop
Beauty Blogger Ini Banjir Kritik karena Beri Tips Mencerahkan Miss V Blogger kecantikan Huda Beauty. Foto: Instagram/@hudabeauty
Jakarta - Blogger kecantikan Huda Kattan, atau yang lebih populer dengan nama Huda Beauty, baru-baru ini menjadi kontroversi. Lewat postingan artikel di situs pribadinya, Huda membagikan tips mencerahkan Miss V sendiri di rumah.

Dengan judul 'Kenapa vagina kamu menjadi gelap dan bagaimana mencerahkannya', artikel tersebut memberikan tips untuk para wanita yang ingin mencerahkan area Miss V. Berbekal anjuran dari narasumber terpercaya, blogger yang kini sukses membangun bisnis kosmetiknya itu pun menyarankan wanita untuk memakai bahan-bahan alami untuk membuat tampilan vagina lebih cerah.

Adalah Dr Doris Day, dermatologist yang ditunjuk Huda Beauty sebagai narasumber dan pakar yang dapat dipercaya. Dalam artikel tersebut, disebutkan kalau jus lemon, yoghurt, minyak kelapa dan putih telur bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan vagina yang menggelap.
Beauty Blogger Ini Banjir Kritik karena Beri Tips Mencerahkan Miss VBeauty blogger Huda Beauty. Foto: Instagram/@hudabeauty

Doris juga memberikan tips untuk mencegah kulit vagina menggelap. Caranya dengan menurunkan berat badan berlebih dan melembapkan area Miss V. Bahkan ia menyatakan, para wanita bisa meminta dermatologist untuk memberikan resep krim pencerah atau chemical peeling seperti hydroquinone dan tranexemic acid.

Baca Juga: Ladies Perlu Tahu, 8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Miss V

Artikel Huda Beauty pun menuai kritikan dari netizen maupun ahli kecantikan dan kalangan medis. Sebagai seorang influencer dengan 25.2 juta follower di Instagram dan lebih dari 2,3 juta subscriber di YouTube, pengaruh Huda tentu sangat besar bagi kalangan awam yang belum terlalu mengerti tentang dunia kecantikan.

Saran Huda untuk mencerahkan vagina sendiri di rumah dinilai bisa membahayakan karena belum terbukti aman, meskipun ia sudah didampingi seorang pakar. Netizen juga menganggap tips dari wanita 34 tahun ini hanyalah omong kosong.
Beauty Blogger Ini Banjir Kritik karena Beri Tips Mencerahkan Miss VBeauty blogger Huda Beauty. Foto: Instagram/@hudabeauty

"Tidak perlu omong kosong seperti ini. Penggelapan kulit vagina adalah hal yang sangat alami. Enyah saja kau," komentar netizen.

Netizen lainnya menambahkan, "Oh! Jadi lagi ada kontes kecantikan vagina ya???... Yang syaratnya (vagina) harus putih dan bukan hitam?"

"Ini menjijikan, berbahaya (jus lemon?!) dan tragis," komentar netizen lagi.

Pakar kecantikan kulit Caroline Hirons juga mengungkapkan pendapatnya lewat Instagram Stories.

Baca Juga: Aneh-aneh Saja, Kini Ada Metode Suntik Lemak di Miss V

"Dari kacamata saya, ini sangat tidak masuk akal dan terburuknya, berbahaya. Huda adalah influencer terbesar di dunia kecantikan dan Instagram-nya menjadi lebih banyak konten yang clickbait dengan sedikit hingga tidak ada sama sekali penjelasan ilmiah," kata Caroline, seperti dikutip dari Independent.

Caroline menjelaskan, area Miss V yang Huda maksud sebenarnya bukan vagina, tapi vulva. Dari pengenalan anatomi organ reproduksi saja, menurut Caroline, sudah keliru.

"Mengenali anatomi tubuh wanita dengan benar sangat penting dalam pembahasan ini. Ada lima jenis kanker pada alat reproduksi dan sebagian besar wanita tidak bisa menyebutkan semuanya. Cukup mengejutkan kalau kita menyebut seluruh area (organ reproduksi) sebagai vagina," kata Caroline.

Dokter kandungan Shazia Malik dari Portland Hospital juga memberikan pendapatnya. Vulva, atau bibir vagina yang menghitam atau menggelap adalah hal yang sangat normal terjadi.

"Kulit vulva yang warnanya berbeda dari kulit lainnya sangatlah normal dan sehat. Vagina sebenarnya bukanlah kulit melainkan membran mucous. Sedangkan vulva adalah kulit seperti di bagian tubuh lainnya. Kulit vulva bisa terlihat lebih gelap karena adanya konsentrasi tinggi dari rambut kelamin yang tebal dan folikelnya," jelasnya. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com