Selasa, 08/05/2018 15:49 WIB

Wanita Lebih Cepat Tua dari Pria, Benarkah?

Silmia Putri - wolipop
Wanita Lebih Cepat Tua dari Pria, Benarkah? Wanita lebih cepat tua dari pria. Foto: iStock
Jakarta - Menua identik dengan berkurangnya kecantikan seseorang.Gejala penuaan dini seperti muncul kerutan pada wajah, kulit kendur, dan pori-pori membesar menjadi sesuatu yang ditakutkan oleh kebanyakan wanita.

Fakta yang lebih menakutkan lagi adalah wanita memiliki proses penuaan lebih cepat dari laki-laki. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Ariana Suryadewi pada peluncuran Natur-e Advance Face Series di Queen House Kemang hari Selasa (08/05/2018).

Wanita Lebih Cepat Tua dari Pria, Benarkah?Dr. Ariana Suryadewi. Foto: Silmia Putri/Wolipop


Baca juga: Cegah Keriput dan Penuaan Dini dengan Lakukan 3 Hal Ini

"Sebenarnya pria dan wanita sama-sama mengalami penuaan. Kita bisa lihat sendiri pria juga mengalami kerutan dan bintik hitam," ungkap dokter pemerhati kesehatan kulit biomedik kekhususan anti-aging ini.

Namun, banyak orang beranggapan wanita lebih cepat menua dari laki-laki. Hal ini dibenarkan oleh Dr. Ariana Suryadewi. Ia menjelaskan penyebab utamanya adalah hormon.

"Hormon yang dimiliki wanita lebih kompleks. Khususnya hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi banget memproduksi kolagen dan elastin agar membuat kulit kenyal. Seiring dengan penuaan, produksi hormon ini pun berkurang," terangnya.

Baca juga: Penyebab & Gejala Hormon Wanita Tak Seimbang

Hormon estrogen maupun progesteron pada pria tidak sebanyak pada wanita. Fungsinya pun tidak sama, sehingga jika produksi hormon ini berkurang pada pria tidak langsung memberikan efek penuaan pada wajah.

Faktor hormon merupakan salah satu faktor internal yang sulit diubah. Untuk mencegah penuaan dini, Dr. Ariana menyarankan para wanita untuk mengatur faktor eksternal seperti perawatan kulit dan dan gaya hidup sehat.

Tiga prinsip utama yang sang dokter sarankan adalah; pembersihan yang baik, nutrisi kulit yang tepat seperti dari serum, krim pagi, atau makanan sehat, dan perlindungan yang baik dengan menggunakan sunscreen. (sil/sil)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177