Selasa, 17/04/2018 13:15 WIB

Arab Fashion Week Sukses Digelar, Hanya Boleh Ditonton oleh Wanita

Silmia Putri - wolipop
Arab Fashion Week Sukses Digelar, Hanya Boleh Ditonton oleh Wanita Arab Fashion Week. Foto: Instagram/Tonywardcouture
Riyadh - Untuk pertama kalinya Arab Fashion Week digelar di Arab Saudi, tepatnya di Riyadh pada 10-14 April 2018. Beberapa waktu terakhir, Arab Saudi merevolusi beberapa aturan khususnya terhadap perempuan. Jika biasanya Arab Fashion Week digelar di Dubai, maka tahun ini diperbolehkan terselenggara di Arab.

Namun, tentu saja keputusan ini tak keluar begitu saja. Ada beberapa aturan yang berbeda dibandingkan acara fashion show pada umumnya. Penampilan di runaway Arab Fashion Week tahun ini hanya boleh ditonton oleh tamu wanita saja.

Begitupun dengan backstage, desainer laki-laki pun tidak boleh masuk ke ruangan ini. Seluruh MUA dan fotografer yang bekerja di backstage maupun di depan panggung hanya wanita.

Baca juga: Arab Saudi Akan Gelar Arab Fashion Week untuk Pertama Kalinya

Jacob Abrian, The Chief Executive of Arab Fashion Council yang merupakan penyelenggara acara pun tak diperbolehkan menonton panggung tersebut. Dilansir dari New York Times, ini adalah pertama kalinya bagi Jacob membuat acara yang tak bisa ia saksikan langsung.

Backstage Arab Fashion Week 2018.Backstage Arab Fashion Week 2018. Foto: AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE


Jacob hanya bisa hadir di acara media cocktail party yang merupakan bagian dari perayaan acara. Di sana, para media baik pria maupun wanita bisa bertemu langsung dengan sang penyelanggara acara hingga desainer.

Baca juga: Acara Bersepeda untuk Wanita di Arab Jadi Kontroversi

"Kami sangat antusias hari ini mengumumkan sebuah sejarah dan era baru bagi kerajaan, dan untuk dunia Arab, ini adalah Arab Fashion Week," ungkap Jacob kepada Khaleej Times.

Arab Fashion Week Sukses Digelar, Hanya Boleh Ditonton oleh WanitaArab Fashion Week. Foto: Doc. New York Times
Desainer yang tampil di acara ini tak hanya mereka yang berdarah Arab. Ada pula beberapa desainer dari Eropa, seperti Jean Paul Gaultier. Salah satu desainer asal Riyadh yang jadi sorotan adalah Mashael Al Rajhi yang berkolaborasi dengan Nike menampilkan Nike Pro Hijab di peragaan busananya.

Tak semua busana yang ditampilkan berhijab, acara ini memang mengusung 'modest fashion' bukan hijab fashion. Sejauh ini, acara ini tak mengundang kontroversi dan terselenggara dengan lancar. (sil/sil)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com