Jumat, 13/04/2018 13:02 WIB

Acara Bersepeda untuk Wanita di Arab Jadi Kontroversi

Silmia Putri - wolipop
Acara Bersepeda untuk Wanita di Arab Jadi Kontroversi Pertama Kalinya, Puluhan Wanita Bersepeda Bersama di Arab. Foto: Thinkstock
Jakarta - Dulu, melihat wanita bersepeda di jalanan Arab Saudi merupakan hal yang dirasa tidak mungkin. Sebagaimana diketahui, Arab memiliki peraturan yang cukup ketat untuk warga perempuan.

Namun ternyata banyak peraturan yang berubah dalam beberapa bulan ini. Mulai dari diperbolehkannya perempuan untuk menonton bola di stadion, menyetir mobil sendiri, mengadakan Arab Fashion Week di Riyadh, hingga kini mereka bisa bersepeda di stadion.

Beberapa waktu lalu, ada acara race 10 km untuk perempuan Arab. Ada 47 wanita ikut acara ini. Salah satu promotor acara Nadima Abu al-Enein mengatakan bahwa jumlah peserta melampaui ekspektasi, apalagi ini acara bersepeda pertama bagi wanita di Arab.

Baca juga: Wanita Arab akan Diizinkan Jadi Polisi Lalu Lintas



Hampir semua peserta mengenakan hijab. Banyak di antara mereka yang tetap mengenakan abaya saat bersepeda, ada pula yang mengenakan celana dan baju tunik. Mereka pun kompak memakai helm khusus sepeda.

Namun, acara ini tetap mengundang kontroversi di media sosial, khususnya Twitter. Banyak yang merasa para wanita tidak seharusnya bersepeda di depan umum apalagi di depan pria.

"Olahraga untuk wanita memang dibutuhkan, tapi harusnya ada batasnya dan tidak dilakukan di depan pria," ungkap akun bernama @shmookh29.

"Saya tidak religius, tapi wanita saat bersepeda bisa terlihat seduktif. Kalau mereka mau bersepeda, jangan di depan umum apalagi di depan pria," tulis akun bernama @no_8883.

Pertama Kalinya, Puluhan Wanita Bersepeda Bersama di ArabPertama Kalinya, Puluhan Wanita Bersepeda Bersama di Arab. Foto: Stepfeed

Membalas serangan tersebut, banyak yang berkomentar positif tentang acara itu.

"Mereka mengadakan acara ini di dalam stadion, apa salahnya? Itulah kenapa kami selalu meminta arena olahraga khusus untuk perempuan, tempat kami bisa jogging atau bersepeda. Saya merasa tidak ada yang salah dengan ini," tulis akun bernama @anawalqamar.

Baca juga: Putri Arab Saudi Ini Raih Penghargaan sebagai Wanita Paling Sporty di 2017

Hingga kini, kontroversi masih berlanjut di Twitter. Sementara itu, video tentang acara bersepeda ini sudah ditonton lebih dari 170 ribu akun di Twitter dan menjadi viral. (sil/sil)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177