Rabu, 04/04/2018 09:17 WIB

8 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Jangan Ditaruh di Dalam Kulkas

Alisa Kintan - wolipop
8 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Jangan Ditaruh di Dalam Kulkas Foto: Thinkstock
Jakarta - Sehabis belanja bahan makanan biasanya kita taruh semuanya ke kulkas. Padahal ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh ditaruh di kulkas karena bisa rusak.

1. Minyak
Foto: thinkstock

Kalau kamu ingin menaruh minyak, contohnya minyak zaitun sebaiknya taruh di area yang kering dan gelap. Menaruh minyak ke dalam kulkas sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun terkadang jika suhu kulkas terlalu dingin ditakutkan tekstur minyak akan berubah.

2. Pisang
Foto: AFP Photo

Jika pisang belum matang sebaiknya jangan ditaruh di dalam kulkas karena udara dalam kulkas akan merusak kulit pisang sehingga lebih cepat menjadi cokelat. Lebih baik taruh di luar ruangan jika pisang tersebut belum matang. Kecuali jika kulit pisang sudah berubah warna, lebih baik ditaruh ke dalam kulkas agar memperlambat proses pembusukan.

3. Tomat
Foto: Istimewa

Sebaiknya jangan menaruh tomat di tempat yang suhunya dingin, karena dapat menyebabkan rasa tomat berubah menjadi hambar. Selain itu beberapa gen di dalam tomat akan mengalami kerusakan jika terpapar suhu dingin. Maka dari itu disarankan menaruh tomat pada suhu ruangan.

4. Kopi
Foto: iStock

Musuh utama kopi adalah udara dan paparan cahaya. Maka dari itu untuk menjaga kualitas kopi agar lebih tahan lama sebaiknya simpan kopi di dalam wadah yang gelap serta kedap udara, lalu taruh di tempat yang kering dan juga sejuk.

5. Bawang Putih dan Bawang Bombay
Foto: Dok. Kementan

Jika ditaruh di kulkas maka suhu dingin dan lembap dalam kulkas akan mengubah pati di dalam bawang menjadi gula. Hal ini akan membuat bawang menjadi basah lebih cepat. Selain itu aroma bawang juga dapat menyebar ke seluruh bagian kulkas.

6. Alpukat
Foto: iStock

Hindari menaruh buah alpukat yang belum begitu matang ke dalam kulkas karena dapat menggagalkan proses pematangan buah alpukat. Cara mengetahui apakah alpukat sudah matang atau belum adalah dengan menekannya. Jika terasa empuk saat ditekan berarti buah tersebuh siap untuk dikonsumsi.

7. Madu
Foto: iStock

Jika madu ditaruh di dalam kulkas maka rasanya tidak akan sama seperti sebelum ditaruh. Selain itu, menaruh madu di dalam kulkas akan menyebabkan madu mengkristal sehingga akan jadi lebih sulit untuk dikonsumsi dan juga teksturnya menjadi kasar.

8. Buah Berair
Foto: iStock

Buah yang dimaksud antara lain melon, semangka, blewah dan lainnya. Jika buah belum dipotong sebaiknya simpan di ruangan bersuhu normal karena dengan begini buah-buahan tersebut akan bertahan rasa manis serta teksturnya. Kalau sudah dipotong baru boleh taruh di dalam kulkas. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com