Rabu, 28/03/2018 07:47 WIB

Pria Down Syndrome Sukses Bisnis Kaus Kaki Bernilai Miliaran Rupiah

Rahmi Anjani - wolipop
Pria Down Syndrome Sukses Bisnis Kaus Kaki Bernilai Miliaran Rupiah John Cronin. Foto: Dok. Time
Long Island - Memiliki keterbatasan bukan jadi alasan seseorang untuk menyerah meraih kesuksesan. Contohnya pria yang mengidap down syndrome ini.

Adalah John Cronin, pria muda down syndrome yang kini sukses dengan bisnis kaus kakinya. Di usia yang masih muda, John berhasil menunjukkan bahwa kondisinya tidak menjadi penghalang untuk jadi pengusaha.

Bahkan bisnis kaus kaki yang dirintis John Cronin kini sudah bernilai jutaan dollar Amerika Serikat atau miliaran rupiah.

John Cronin adalah pria down syndrome 21 tahun asal Long Island, Amerika Serikat. Meski hanya lulusan SMA dan berkebutuhan khusus, John berhasil membangun bisnisnya sendiri.

Baca Juga: Ini Mikayla, Wanita Down Syndrome Pertama yang Ikut Kontes Kecantikan di AS

Merilis brand kaus kaki yang diberi nama John's Crazy Socks, ia menawarkan sesuatu yang unik dan kreatif sehingga disukai banyak orang. Apalagi usaha ini juga punya tujuan mulia yang membantu sesama.

Sejak awal John Cronin memang berencana memulai bisnis bersama ayahnya. Tidak pandai memasak, John pun terpikir untuk menuangkan kecintaannya akan kaus kaki menjadi sebuah usaha.

"Aku suka kaus kaki karena itu menyenangkan, banyak warna dan membuat kaki hangat," ungkap John Cronin kepada Time.

Koleksi kaus kaki yang ditawarkan John's Crazy Sock memang unik. Produk-produk tersebut punya gambar serta perpaduan warna yang tak biasa dan menarik perhatian.

Salah satu yang paling unik adalah kaus kaki bergambar Donald Trump dengan aksen bulu-bulu warna pirang sehingga terlihat seperti rambut. Adapun yang bergambar imut seperti unicorn atau semangka hingga superhero dan motif yang cenderung absurd. Selain bergambar unik, kaus kaki itu juga punya sentuhan personal.
Pria Down Syndrome Sukses Bisnis Kaus Kaki Bernilai Miliaran RupiahJohn Cronin dan ayahnya, Mark. Foto: Dok. Time

"Setiap paket ada catatan terima kasih dariku," kata John.

"Ini sangat pribadi untukku. Aku membangun bisnis di mana anakku bisa bekerja dengan kesan mendalam," tambah ayah John, Mark.

Pada November 2016, John dan Mark meresmikan bisnis tersebut yang tanpa disangka langsung laris manis. Dalam dua bulan, ia berhasil menjual lebih dari 1.000 pasang kaus kaki.

Baca Juga: Model Down Syndrome Tampil Memesona dalam Pemotretan Baju Pengantin

Saking banyaknya permintaan, John membeli sejumlah kaus kaki dari brand lokal untuk dijual kembali hanya agar penjualan terus berjalan. Kini produk John's Crazy Socks datang dari sejumlah pabrik di dunia dan beberapa didesain sendiri oleh John. Perusahaan itu pun telah mengirim lebih dari 42 ribu pesanan dan menghasilkan US$ 1,7 juta atau Rp 23 miliaran.

Tak hanya menjual kaus kaki unik, John's Crazy Socks juga punya misi mulia. Yakni mendonasikan 5% dari penjualan untuk diberikan kepada Special Olympics yaitu kompetisi olahraga untuk orang-orang berkebutuhan khusus.

John juga berdonasi untuk The National Down Syndrome Society, The Association For Children With Down Syndrome, hingga badan riset kanker. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177