Senin, 26/03/2018 15:22 WIB

Ngeri! Liver Wanita Ini Rusak Akibat Pakai Cat Rambut Terus-terusan

Hestianingsih - wolipop
Ngeri! Liver Wanita Ini Rusak Akibat Pakai Cat Rambut Terus-terusan Ilustrasi cat rambut. Foto: Thinkstock
Harbin - Hati-hati kalau kamu hobi mewarnai rambut. Di China, seorang wanita terdiagnosis kanker hati karena terlalu sering mewarnai rambutnya dengan cat rambut.

Wanita yang hanya diketahui bernama Chen ini selalu mewarnai rambutnya setiap bulan selama 10 tahun. Chen mulai rutin mewarnai rambutnya setelah mendapati timbulnya uban.

Selama 10 tahun, Chen selalu mewarnai rambut agar ubannya bisa ditutupi. Sebab rambut yang ditumbuhi uban membuat penampilannya terlihat tua dan lelah.

Baca Juga: Mengerikan! Coba-coba Cat Rambut Sendiri di Rumah, Wanita Ini Malah Botak

Setiap bulan Chen tak pernah absen mengecat rambutnya ke salon terus-menerus tanpa jeda. Sampai akhirnya sekitar dua bulan lalu, Chen merasa ada yang tak beres dengan kesehatannya.
Ngeri! Liver Wanita Ini Rusak Akibat Pakai Cat Rambut Terus-terusanIlustrasi cat rambut. Foto:Thinkstock

Seperti dilaporkan Sina News yang dikutip dari Elite Readers, Chen merasa ia cepat sekali lelah dan sulit bernapas. Gejala itu diabaikannya, sampai pada suatu hari, suami Chen kaget ketika melihat kulit dan mata istrinya menguning.

Chen yang berdomisili di Kota Harbin pun menemui dokter untuk melakukan sejumlah tes. Hasil tes menunjukkan kalau kadar bilirubin di tubuh Chen 10 kali lebih tinggi dari normal. Biliburin bisa tinggi jika seseorang menderita anemia atau penyakit liver.

Kerusakan liver Chen sudah pada tingkat lanjut. Dokter pun heran kenapa wanita yang tidak pernah pakai obat-obatan dan minum minuman keras bisa menderita sakit liver parah.
Ngeri! Liver Wanita Ini Rusak Akibat Pakai Cat Rambut Terus-terusanIlustrasi cat rambut. Foto: Thinkstock

Setelah diinvestigasi, ternyata penyebab sakit liver yang diderita Chen adalah penggunaan cat rambut yang terus menerus dalam jangka waktu lama. Seorang sumber menyebutkan kalau Chen harus menjalani perawatan di rumah sakit selama 20 hari. Tubuh Chen dilaporkan lebih membaik setelah perawatan, namun kerusakan livernya yang cukup parah akan sulit sembuh total.

Kenapa cat rambut bisa menyebabkan kerusakan, bahkan kanker hati? Hal itu bisa disebabkan kandungan bahan kimia yang terkandung di dalam produk-produk cat rambut.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mewarnai Rambut

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Gut menunjukkan, wanita yang terlalu sering cat rambut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit liver. Penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan di United Kingdom mengungkapkan bahwa responden wanita yang pakai cat rambut secara rutin, 37 persen lebih berisiko terkena PBC (primary biliary cholangitis) ketimbang wanita yang jarang atau tidak pernah cat rambut.

Seperti dikutip dari Real Health Mag, PBC merupakan penyakit autoimun yang menyerang fungsi liver. Saat liver tak bisa bekerja dengan baik, racun-racun akan mengumpul dan menyebabkan cholestasis, yakni ketika aliran empedu yang diproduksi sel hati terhambat. Aliran empedu yang terhambat bisa menyebabkan hepatitis bahkan kanker hati.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com