Sabtu, 17/03/2018 20:33 WIB

5 Nasihat yang Diturunkan Para Miliuner Kepada Anak-anaknya

Rahmi Anjani - wolipop
5 Nasihat yang Diturunkan Para Miliuner Kepada Anak-anaknya Foto: Getty Images
Jakarta - Setiap orangtua tentu ingin yang terbaik untuk anaknya. Karenanya, mereka sering berbagi petuah dan pelajaran hidup berdasarkan pengalaman. Tak terkecuali para miliuner.

Dalam buku Secrets Self-Made Millionaire, penulis Steve Siebold mengungkap nasehat seperti apa yang biasanya diberikan orang-orang kaya pada anaknya. Berikut lima top tips di antaranya:

1. Perhatikan Luar Dalam
Bill Gates. Foto: Getty Images

Steve Siebold berbicara kepada lebih dari 1.200 miliuner dan meminta nasehat yang sekiranya mereka akan berikan pada anak dalam 160 kata. Terungkap jika para orangtua yang kaya dengan usaha mereka sendiri itu banyak menyarankan anak untuk mempraktekkan public speaking, banyak penasaran, hingga memperlakukan orang lain dengan baik.

Terkait finansial atau bisnis, sebagian miliuner juga menasehatkan anak untuk memperhatikan wall street dan jalanan. Artinya mereka menginginkan anak-anak untuk mengetahui apa yang terjadi di dunia dengan membaca Wall Street Journal dan berbicara langsung dengan pemilik toko di jalan. Pelajaran ini memang wajar diturunkan pada anak-anak mereka yang biasanya akan mewariskan bisnis keluarga.

"Lihat gambaran besar dan gambaran lokal. Kita harus selalu memperhatikan kesempatan karena mereka bisa di mana saja," ungkap Steve dilansir Time.

Baca Juga: Anak Miliuner Malaysia Ini Menikah, Gelar Pernikahan Mewah di Atas Bukit

2. Hindari Berpikiran 'Microwave'
Dorothy Wang, anak miliuner Amerika. Foto: Instagram

Nasihat lain yang diturunkan miliuner untuk anaknya adalah untuk tidak berpikiran 'microwave'. Artinya para orangtua kaya tersebut menginginkan anak-anak mereka untuk tidak berproses instan. Hal ini memang penting diketahui untuk mereka yang akan melanjutkan atau membuka bisnis.

"Semuanya butuh waktu. Pola pikir gratifikasi instan tidak akan membuat mereka jadi miliuner dengan usaha sendiri. Itu (bisnis) tidak terjadi seperti itu. Ini akan butuh waktu dan usaha, ini bukan sesuatu yang terjadi dalam semalam," kata Steve.

3. Olahraga
Mark Zuckerberg dan anaknya olahraga bersama. Foto: dok. Facebook

Berdasarkan penelitian, olahraga adalah salah satu kebiasaan dari orang-orang kaya. Para orangtua miliuner pun mengajarkan anak-anak mereka untuk bermain olahraga orang kaya, seperti golf atau tenis. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mengembangkan bisnis.

"Ini kadang mengesalkan orang dan aku mengerti kenapa tapi fakta adalah fakta. Olahraga-olahraga ini didominasi oleh keluarga kaya jadi koneksi yang mereka bangun dari olahraga tersebut adalah substansial. Caranya adalah dengan tidak memaksa anak untuk olahraga yang mereka tidak suka tapi paling tidak paparkan mereka dengan olahraga-olahraga itu untuk koneksi," tuturnya.

Baca Juga: Gaya Mewah Si Cantik Kim Lim, Anak Miliuner Singapura

4. Tulis Visi
Eve Jobs, anak Steve Jobs. Foto: (@evecjobs/Instagram)

Anda mungkin pernah mendengar tentang 'board vision'. Terdengar sepele dan kurang berpengaruh, tak disangka jika para orangtua kaya justru menyarankan anaknya untuk menulis visi seperti itu. Hal tersebut dianggap akan memotivasi anak untuk kerja keras.

"Kita (orangtua) ingin mengetes emosi mereka. Premisnya adalah orang tidak mendapatkan sesuatu karena sesuatu itu, mereka tidak membeli rumah besar, mobil mewah atau dapat pekerjaan tertentu karena bendanya, mereka mengejarnya karena bagaimana mereka pikir itu akan terasa," kata Steve.

5. Punya Hobi Menyenangkan
Jennifer K Gates anak Bill Gates. Foto: (Instagram/jenniferkgates)

Menjadi anak orang kaya kadang tidak mudah. Apalagi jika mereka dituntut untuk melanjutkan dan mengembangkan bisnis keluarga. Untuk itu, penting punya hobi yang membuat mereka senang dan tertawa. "Kurangi stes, lebih banyak bersenang-senang dan nikmati proses karena ini bukan hanya masalah jadi miliuner, ini mengenai perjalanan. Jalan ke sana. Jika tidak menyenangkan, kamu tidak akan bisa menikmatinya," tutup Steve. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com