Minggu, 11/03/2018 11:28 WIB

Nggak Usah Rewel Kalau Lagi Bosan, Ternyata Ada Juga Manfaatnya

Alisa Kintan - wolipop
Nggak Usah Rewel Kalau Lagi Bosan, Ternyata Ada Juga Manfaatnya Foto: Thinkstock
Jakarta - Merasa bosan karena melakukan aktivitas yang repetitif memang wajar. Tapi tahukah kamu, rasa bosan justru bisa membuatmu jadi orang yang lebih baik.

Baca Juga : Bosan Jangan Diusir dengan Baca Buku & Main Ponsel, Ini Manfaatnya untuk Otak

Ketika orang-orang yang dilanda kebosanan dapat belajar bagaimana menggunakan rasa bosan itu untuk keuntungannya, akan banyak hasil positif dan manfaat yang akan didapat. Ini lima hal positif dari rasa bosan, seperti dikutip dari Your Tango.

1. Meningkatkan Kreativitas
Saat bosan kamu dapat berpikir ide-ide yang berbeda daripada biasanya. Menurut hasil beberapa penelitian tahun 2017, saat bosan otak dibiarkan bebas serta terbuka untuk menjelajahi segala kemungkinan yang ada.

Nggak Usah Rewel Kalau Lagi Bosan, Ternyata Ada Juga ManfaatnyaFoto: Thinkstock


2. Semakin Produktif
Kalau kamu sedang bekerja untuk sebuah proyek, ketika sedang bosan kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mengevaluasi apa yang dibutuhkan dari proyek tersebut. Dengan begitu kamu bisa mengetahui tugas apa yang harus segera diselesaikan.

3. Goal-oriented
Di waktu bosan juga kamu bisa mulai menuliskan tujuan hidup dalam jangka pendek sampai jangka panjang. Kamu juga bisa merevisi rencanamu yang sudah dibuat sebelumnya, untuk menyesuaikan dengan kehidupanmu yang sekarang.

Baca Juga: Jenuh di Kantor? Atasi dengan 7 Kegiatan Ini

4. Membuat Dirimu Jadi Lebih Baik
Menurut hasil studi tahun 2011, kebosanan dapat memberikanmu waktu untuk me-review kembali hidupmu. Di waktu ini kamu juga bisa melihat hal-hal apa saja yang berjalan baik maupun buruk. Kamu diberikan kesempatan untuk mengubah hal-hal buruk tersebut, serta sebagai pembelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Nggak Usah Rewel Kalau Lagi Bosan, Ternyata Ada Juga ManfaatnyaFoto: ilustrasi/thinkstock


5. Meningkatkan Rasa Senang
Bosan dapat membuat fisik dan mental seseorang beristirahat sejenak. Selain itu, dapat membuat pikiranmu lebih jernih dan tidak terganggu. Rasa bosan juga memberikanmu ketenangan karena tidak harus berpikir akan pekerjaan yang mengganggu.

Dengan begini, kamu akan menjadi lebih senang dan bahagia. Nah, daripada kita bilangnya bosan itu tidak melakukan apa-apa, lebih baik gunakan rasa bosan tersebut untuk menciptakan lingkungan yang tenang.

(hst/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177