Jumat, 09/03/2018 17:40 WIB

'See My Creativity Not My Gender', Kampanye Bantu Wanita Belajar IT Gratis

Alisa Kintan - wolipop
See My Creativity Not My Gender, Kampanye Bantu Wanita Belajar IT Gratis Foto: Wolipop/Alisa Kintan
Jakarta - Ikut memperingati Hari Perempuan Internasional, Adidas membuat sebuah kampanye bertajuk 'See My Creativity, Not My Gender' bertujuan menginspirasi wanita agar terus berkreasi dan mengubah hidup tanpa peduli batasan gender. Kampanye digelar untuk menekankan bahwa wanita memiliki potensi dan kesempatan yang sama dengan pria dalam bidang apapun.

"Adidas sangat percaya bahwa dalam bidang olahraga, potensi dan kesempatan yang dimiliki baik pria maupun wanita adalah sama, dan suatu kreativitas dalam berolahraga tidak hanya terbatas pada gender. Campaign ini diluncurkan untuk mendukung dan menginspirasi wanita agar mematahkan stereotype gender dan mengubah hidupnya melalui olahraga," ujar Ivon Liesmana, Senior Brand Activation Manager Adidas Indonesia, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tidak hanya dalam bidang olahraga, berkaitan dengan Hari Perempuan Internasional, Adidas juga ingin memotivasi wanita untuk dapat memberikan perubahan dalam bidang lain. Contohnya teknologi yang terbukti berperan penting dalam kehidupan banyak wanita sekarang ini. Maka dari itu, Adidas Indonesia bekerjasama dengan Andien Aisyah mendonasikan uang sebesar Rp 150 juta kepada Binar Academy.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Andien Ungkap Sosok Wanita Panutan

Binar Academy adalah sebuah perusahaan sosial dengan sekumpulan profesional yang akan mendidik orang-orang yang memiliki minat dan semangat belajar di dunia teknologi digital. Mereka memiliki akademi gratis, bernama Teknologi Akademi yang sudah dimulai sejak Maret 2017 lalu.

"Programnya selama tiga bulan dan mereka belajar benar-benar dari nol bagaimana cara membuat aplikasi. Kita sudah meluluskan sekitar 300 murid sejak tahun kemarin," ujar Founder Binar Academy Alamanda Shantika Santoso.

"Saya bangun Binar Academy secara gratis supaya semua orang bisa mengakses pendidikan yang lebih baik," ujar wanita yang sudah belajar coding sejak umur 14 tahun ini.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Perayaan Kemajuan Wanita di Segala Bidang

Di setiap angkatan, murid-murid akan diberikan tema yang berbeda. Kali ini, seiring kerjasama dengan Adidas, Binar Academy mengusung tema Healthy Lifestyle yang diharapkan nantinya akan ada aplikasi bagus tentang gaya hidup sehat yang bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Menurut Alamanda, saat ini tenaga kerja wanita di bidang IT terbilang masih cukup terbatas jumlahnya. Wanita lulusan Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara yang pernah menjabat Vice President of Technology GO-JEK ini bercerita tentang kontribusi wanita di dalam dunia IT masih sangat kecil dibandingkan pria.

"Memang sangat kecil ya, bahkan di Binar Academy hanya 10% persentase wanitanya. Bahkan waktu aku di Gojek pun, aku punya 130 laki-laki Engineer, hanya 10 yang perempuan. Jadi less than 10% perempuannya," tutur Alamanda. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com