Kamis, 08/03/2018 17:28 WIB

Hari Perempuan Internasional

Wanita Harus Melek Teknologi, Tapi Jangan Kebablasan!

Alisa Kintan - wolipop
Wanita Harus Melek Teknologi, Tapi Jangan Kebablasan! Foto: Thinkstock
Jakarta - Memasuki era digital, sudah sepatutnya pria maupun wanita bersiap diri menghadapi persaingan yang semakin ketat. Wanita yang melek teknologi, akan mampu meningkatkan kualitas hidup di berbagai aspek kehidupan.

Tapi tak sekadar melek teknologi, penggunaannya pun harus bijak agar tidak salah arah. Hal itulah yang diungkapkan salah satu tokoh teknologi wanita Indonesia Alamanda Shantika Santoso.

Menurut pendiri sekolah programing Binar Academy ini, sangat penting bagi wanita melek akan teknologi dan memanfaatkannya dengan bijak.

"Harus banget (melek teknologi). Secara kita sudah menuju dunia digital, apalagi sekarang harus conscious," tutur Alamanda ketika ditemui Wolipop di acara Adidas 'See My Creativity, Not My Gender' di Hotel AYANA Midplaza, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2017).
Wanita Harus Melek Teknologi, Tapi Jangan Kebablasan!Alamanda Shantika Santoso. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Menggunakan teknologi pun harus dengan kesadaran dan tanggung jawab. Alamanda mengimbau para wanita untuk tidak menelan mentah-mentah segala konten yang terpapar di internet dan maupun media sosial. Wanita harus bisa berpikir lebih kritis, yaitu memilah mana berita yang benar.

Baca Juga: 10 Wanita yang Sukses Jadi Pemimpin di Dunia Teknologi Hingga Pertambangan

"Ketika menggunakan teknologi harus dengan consciousness yang tinggi bukan yang dikit-dikit lihat berita apa jadi terbawa. Makanya skill yang penting dari tahun ini hingga 2020 adalah critical thinking, jangan langsung menelan mentah-mentah berita yang kita dapatkan," ujarnya.

Senada dengan Alamanda, penyanyi Andien juga mengatakan kalau wanita modern saat ini penting untuk tahu teknologi yang sedang berkembang.

"Menurutku wanita sangat penting untuk melek akan teknologi. Nggak cuma wanita tapi kita sebagai masyarakat sekarang sangat penting untuk melek teknologi. Karena dengan begitu kita bisa tahu update-update mengenai hal apapun serta memudahkan kita dalam segala hal, dan aku akui teknologi sangat mempermudah itu," ujar founder komunitas olahraga Indosweatcamp ini.
Wanita Harus Melek Teknologi, Tapi Jangan Kebablasan!Andien Aisyah. Foto: Andien (Hanif/detikHOT)

Lebih lanjut Andien juga memberi contoh bagaimana teknologi mempermudah kesehariannya dalam menjalankan aktivitas. Keseharian Andien selain menyanyi disibukkan dengan berbagai pertemuan bisnis. Teknologi chat online ternyata cukup membantu perannya sebagai ibu bekerja.

Baca Juga: Tantangan Wanita Indonesia Dalam Membangun Bisnis Melalui Internet

"Sekarang ini banyak meeting yang aku lakukan melalui Skype, terus juga aku baru tahu kalau belajar mengenai parenting ternyata ada kuliahnya melalui Whatsapp. Itu memudahkan banget karena kita nggak perlu menghabiskan waktu untuk berangkat ke tempat belajar atau ke tempat pertemuan," ujar istri dari Irfan Wahyudi atau Ippe ini.

Namun, seiring dengan maraknya kasus-kasus yang berkaitan dengan teknologi seperti penyebaran berita hoax dan lainnya, Andien berpesan agar wanita berhati-hati dalam menggunakan teknologi.

"Menurutku melek teknologi harus dibarengi juga dengan hati nurani yang benar karena kalau kita tidak tahu jati diri kita serta tidak bisa mem-filter informasi mana yang diperlukan kita pasti merasa kewalahan sendiri," kata ibu satu anak ini. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com