Senin, 05/03/2018 17:31 WIB

Oscars 2018

Selebriti Pakai Pin Oranye di Oscars 2018, Untuk Apa?

Alisa Kintan - wolipop
Selebriti Pakai Pin Oranye di Oscars 2018, Untuk Apa? Foto: istimewa
Hollywood - Red carpet kini tak sekadar jadi ajang untuk pamer busana mewah dan penampilan terbaik para selebriti. Belakangan red carpet juga bermuatan politis dan sosial.

Sedikitnya tiga ajang penghargaan bergengsi seperti Golden Globes, BAFTA Awards dan Grammy Awards digunakan para selebriti untuk menyuarakan pendapatnya tentang pelecehan seksual yang marak terjadi di industri perfilman. Kini, giliran Oscars 2018.

Selebriti yang hadir di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (4/3/2018) waktu setempat memang tidak memakai busana hitam atau membawa mawar putih. Tapi banyak dari mereka yang terlihat menyematkan pin bergambar bendera Amerika Serikat warna oranye. Ada pula yang memakaipin hitam bertulisan 'Time's Up', beberapa diantaranya Patrick Stewart, Virgil Williams dan Jane Fonda.

Baca Juga: Gal Gadot Hingga Emma Stone, Ini Artis Berbusana Terbaik di Oscars 2018
Selebriti Pakai Pin Oranye di Oscars 2018, Untuk Apa?Foto: Getty Images

Penggunaan pin tersebut merupakan bentuk dukungan mereka atas kejadian penembakan siswa yang belum lama ini terjadi di sebuah sekolah di daerah Parkland, Florida, Februari 2018 silam yang menewaskan 17 orang.

Mengutip dari Vogue, penggunaan pin oranye ini dipelopori oleh organisasi Everytown for Gun Safety. Mereka prihatin dengan keadaan Amerika sekarang yang dinilai sangat bebas dalam hal kepemilikan barang bersenjata.
Selebriti Pakai Pin Oranye di Oscars 2018, Untuk Apa?Foto: Getty Images

"Kita akan berada di barisan depan, untuk membuat negara kita aman dari kejahatan barang bersenjata," ujar organisasi Everytown for Gun Safety dalam situs resminya.

Baca Juga: 10 Selebriti dengan Busana Terburuk di Oscars 2018

Tidak hanya organisasi ini saja, sebuah kampanye juga dibuat berkaitan dengan kejadian penembakan tersebut. March for Our Lives, kampanye yang dibuat oleh beberapa murid di Parkland, berhasil menarik perhatian pesohor dunia.
Selebriti Pakai Pin Oranye di Oscars 2018, Untuk Apa?Foto: Getty Images

Salah satunya aktor George Clooney dan sang istri, Amal Alamuddin, yang mendonasikan uang sebesar US$500 ribu untuk kampanye ini. Mengikuti jejak George dan Amal, Oprah Winfrey juga mendonasikan uang dengan jumlah yang sama kepada kampanye tersebut.
Selebriti Pakai Pin Oranye di Oscars 2018, Untuk Apa?Foto: Getty Images

"George dan Amal, aku mengikuti jejak kalian dan akan menyumbangkan uang sebesar US$500 ribu untuk kampanye ini. Gerakan ini mengingatkan kita kalau kejadian seperti ini sudah cukup dan suara kita akan terdengar," ujar Oprah Winfrey di Twitter-nya. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177