Senin, 05/03/2018 15:11 WIB

Paris Fashion Week 2018

Pinggul Angela Merkel Jadi Inspirasi Balenciaga di Paris Fashion Week?

Daniel Ngantung - wolipop
Pinggul Angela Merkel Jadi Inspirasi Balenciaga di Paris Fashion Week? Foto: Dok. Vogue
Paris - Inspirasi fashion bisa datang dari mana saja, tanpa terkecuali figur pemimpin. Koleksi Fall-Winter 2018 Balenciaga di Paris Fashion Week baru-baru ini hadir dengan 'pinggul' Kanselir Jerman Angela Merkel.

Demna Gvasalia, sang desainer, mengeluarkan para modelnya dengan outerwear berupa jaket hingga coat dengan pinggul yang melebar seperti jam pasir.

Pinggul Angela Merkel Jadi Inspirasi Balenciaga di Paris Fashion Week? Foto: Dok. Vogue


Lahir di Georgia, Demna besar di Jerman setelah mengungsi dari negara asalnya yang didera peperangan. Dikabarkan AFP, Demna tak secara eksplisit menyebut Angela Merkel sebagai muse atau inspirasinya.

Kanselir Jerman Angela Merkel.Kanselir Jerman Angela Merkel. Foto: Getty Images

Namun, politik sempat mengilhami Demna saat menciptakan koleksi Fall-Winter 2017. Dalam kicauannya, Sam Hine dari majalah fashion pria GQ menyebut, "Pilar kebebasan di demokrasi Eropa menjadi inspirasi Baleciaga."

Koleksi ini, kata Demna, merupakan hasil desain ulangnya terhadap model jaket 'basque', yakni luaran dengan model pinggul melebar, yang diperkenalkan pertama kali oleh sang pendiri Balenciaga, Christobal Balenciaga.

Pinggul Angela Merkel Jadi Inspirasi Balenciaga di Paris Fashion Week? Foto: Dok. Vogue


Dengan bantuan teknologi high-tech moulding yang melibatkan pemindaian tiga dimensi pada tubuh, jaket berpinggul tersebut jatuh pas di tubuh pria dan wanita.

Keunikan koleksi Balenciaga tak berhenti di situ. Demna yang juga masih mendesain untuk labelnya Vatements juga melansir kemeja bermotif kotak yang pada bagian depannya tertulis nomor telepon 'hotline' Balenciaga. Semacam strategi pemasaran yang baru? Mungkin saja. Namun, koleksi ini semakin memposisikan Balenciaga sebagai rumah mode yang inovatif.


(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177