Jumat, 02/03/2018 07:42 WIB

Survei Membuktikan Millennial Lebih Pilih Berkorban Cinta demi Karier

Rahmi Anjani - wolipop
Survei Membuktikan Millennial Lebih Pilih Berkorban Cinta demi Karier Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak millennial kesulitan menyeimbangkan kehidupan karier dan percintaan. Tapi bagaimana jika mereka diminta untuk memilih salah satu di antaranya? Golongan anak muda yang kini berusia 19 hingga 33 tahun itu ternyata lebih memilih peningkatan karier ketimbang mempertahankan hubungan percintaan. Kamu salah satunya?

Hal tersebut terungkap dari survei terbaru yang dilakukan perusahaan jasa finansial Comet. Hasil surveri menunjukkan mereka lebih memilih karier dibanding cinta.

Mungkin tak lagi mengejutkan, mengingat zaman sekarang memang banyak orang menunda pernikahan karena alasan pekerjaan. Namun yang cukup yang mengejutkan adalah mereka rela memutuskan hubungan demi kemajuan karier.
Survei Membuktikan Millennial Lebih Pilih Berkorban Cinta demi KarierFoto: iStock

Sejumlah pertanyaan dilontarkan kepada 364 millennial bekerja dan belum menikah. Survei menunjukkan dua dari lima millennial akan memutuskan hubungan asmara jika itu menghalangi promosi jabatan atau perubahan besar dalam karier. Mereka juga tak ragu menunda menikah dan punya anak demi mendapat promosi besar.

Millennial pun diminta menyebutkan tawaran gaji yang mereka tolerir untuk mengorbankan hubungan. Rata-rata millennial akan mengorbankan US$36,000 (Rp 496 jutaan) untuk menunda pacaran, US$64,000 (Rp 882 jutaan) untuk menunda menikah, US$67,000 (Rp 923 jutaan) menunda punya anak, dan US$37,000 (Rp 509 jutaan) untuk memutuskan hubungan.

Hasil riset ini seolah menunjukkan betapa tingginya ambisi generasi sekarang terhadap pekerjaan. Tapi ternyata beda ceritanya ketika mereka sudah menikah. Para millennial lebih rela berkorban karier untuk istri atau suami mereka.
Survei Membuktikan Millennial Lebih Pilih Berkorban Cinta demi KarierFoto: iStock

Sebanyak 86% partisipan akan ikut pindah jika pasangannya dapat tawaran kerja di kota lain, 79% mau ikut pindah ke lain provinsi, sedangkan 59% ingin ikut pindah negara.

Penelitian tersebut juga berusaha menunjukkan perbedaaan antara wanita dan pria terkait promosi kerja. Hasilnya beragam. Wanita memperkirakan kenaikan gaji US$95,000 (Rp 1,3 miliaran) untuk menunda punya anak sedangkan untuk pria US$45,000 (Rp 620 juta). Namun butuh US$46,000 (Rp 633 jutaan) untuk pria mau memutuskan hubungan sementara wanita hanya US$27,000 (Rp 372 jutaan).

Terungkap pula usia kapan para millennial ingin menikah. Jawabannya pun berbeda-beda. Golongan anak muda di usia 20-an akhir, ingin menikah di usia 33. Sedangkan mereka yang sudah berusia 30 ingin menikah di awal 40-an. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com