Selasa, 27/02/2018 08:43 WIB

Waspada! Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Mengancam Kesehatanmu

Alisa Kintan - wolipop
Waspada! Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Mengancam Kesehatanmu Foto: thinkstock
Jakarta - Kamar yang sejuk dan gelap, ditambah kasur empuk sangat pas untuk kalian yang ingin bermalas-malasan sambil main handphone setelah lelah bekerja. Kalau sudah mengantuk, tinggal taruh handphone di bawah bantal dan dalam sekejap akan tertidur pulas.

Tapi tahukah kamu, kebiasaan menaruh handphone terlalu dekat dengan tubuh saat tertidur sangat berbahaya? Bahkan perlahan-lahan bisa membunuhmu! Yes, you heard that right.

Menaruh handphone di bawah bantal bisa menyebabkan efek merusak pada kesehatan tubuh. Alasannya, handphone atau gadget lainnya seperti tablet memancarkan radiasi yang dapat merusak otak. Umumnya kamu akan merasakan pusing, sakit otot dan penyakit lainnya akibat ini.

Berdasarkan World Health Organization seperti dikutip dari Times Of India, selama tidur berdekatan dengan handphone, ada kemungkinan zat-zat penyebab kanker seperti karsinogen terpapar pada tubuhmu. Anak-anak pun lebih berisiko terpapar karsinogen dari radiasi handphone.

"Radiasi kemungkinan karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia," demikian tertulis dalam Journal of Clinical Oncology, seperti dikutip dari CBS News.

Meskipun belum ditemukan adanya bukti yang memastikan kalau radiasi elektromagnet benar-benar bisa menyebabkan kanker, tidak ada salahnya menghindari risiko-risiko yang bisa meningkatkan kamu terkena penyakit ini. Bagaimana caranya?

Jangan pernah menaruh barang-barang elektronik seperti handphone di dekat kita ketika tidur. Sebenarnya tidak ada jarak spesifik tentang berapa centimeter kita harus menaruh handphone jauh dari tubuh saat tidur. Setidaknya beri jarak 90 cm dari tempat tidur. Disarankan juga untuk mematikan handphone atau mengaturnya pada 'airplane mode'. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177