Jumat, 23/02/2018 13:49 WIB

Milan Fashion Week 2018

Gucci Diprotes Penganut Sikh karena Model Pakai Turban Saat Fashion Show

Eny Kartikawati - wolipop
Gucci Diprotes Penganut Sikh karena Model Pakai Turban Saat Fashion Show Foto: AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE
Jakarta - Fashion show Gucci yang spektakuler pada Milan Fashion Week 2018 karena menampilkan model memakai turban. Adalah para penganut agama sikh yang melayangkan protes.

Protes terhadap Gucci yang kemudian viral datang dari aktor sekaligus model Avan Jogia. Pria yang memiliki dua kewarganegaraan Inggris dan Kanada itu mengunggah di Twitter kritikannya pada Gucci.

"This isn't a good look for you. Could you not find a brown model?" cuit pria 26 tahun yang mempelajari agama Hindu dan Budha itu.

Cuitannya itu langsung direspon pengguna Twitter, terutama penganut agama Sikh. "My blood is boiling right now. As a Sikh, I see this as a huge sign of disrespect and disregard towards Sikhism. It isn't hard to educate yourself on the significance of a turban. This isn't a mere fashion accessory! Thank you Avan for speaking out on this," tulis akun @desiavan.

Akun @desiavan mengungkapkan bahwa sebagai penganut Sikh dirinya merasa tersinggung dengan Gucci. Menurut mereka penampilan model memakai turban saat fashion show di Milan Fashion Week 2018 tersebut menandakan Gucci tidak menghargai para Sikh. Seharusnya sebelum fashion show para tim kreatif Gucci mencari tahu dulu makna dari turban yang bukanlah sebuah aksesori fashion.

Kritikan keras juga datang dari akun @NihangAjitSingh. Dia merasa Gucci melecehkan para Sikh karena pengunaan turban yang tidak tepat. Sementara di luar sana, menurutnya, masih banyak penganut Sikh yang menderita bahkan dibunuh karena keyakinan mereka.

Gucci Diprotes Penganut Sikh karena Model Pakai Turban Saat Fashion ShowFoto: AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE


"Hundreds and thousands of Sikhs were de-scalped and killed for professing their Sikh faith and wearing the turban. Sikhs still face so much physical+verbal abuse in the west due to the turban. This is our crown," cuit @NihangAjitSingh.

Seperti dikutip dari Daily Mail, turban bagi penganut Sikh adalah sebuah keharusan. Mereka yang beragam Sikh harus menutup kepala mereka, baik pria maupun wanita, saat berada di publik. Turban atau dalam ajara Sikh disebut sebagai dastaar merupakan sebuah simbol kehormatan, penghargaan diri, keberanian dan spiritualitas.

Sampai saat ini Gucci belum memberikan komentarnya terkait kritikan terhadap mereka usai fashion show di Milan Fashion Week 2018. Pada fashion show Rabu (21/2/2018) kemarin, rumah mode Gucci dengan otak kreatifnya, desainer Alessandro Michele, memang kembali menyuguhkan sebuah presentasi mode yang tak lazim. 'Cyborg', begitu Alessandro menamai koleksi tersebut. Sumber inspirasinya dari sebuah esai terbitan 1984 yang berjudul 'A Cyborg Manifesto' karangan Donna Haraway.

Untuk mempresentasikan koleksi teranyar Autumn/Winter 2018, Alessandro menyulap landasan peraganya (catwalk) menjadi sebuah ruang bedah, lengkap dengan meja dan lampu operasinya. Terlihat juga model perempuan dalam balutan blus motif floral berlenggang sambil menenteng kepalanya sendiri.




(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177