Kamis, 22/02/2018 19:35 WIB

Ladies Perlu Tahu, 8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Miss V

Hestianingsih - wolipop
Ladies Perlu Tahu, 8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Miss V Foto: Thinkstock
Jakarta - Menjaga kesehatan Miss V tidak cukup hanya dengan memastikan kebersihannya. Seperti mengganti pakaian dalam dua kali sehari, atau menggunakan pembersih khusus kewanitaan.

Kesehatan Miss V juga perlu dipelihara dari dalam, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Seperti dikutip dari Elite Readers, ini delapan makanan untuk menjaga kesehatan vagina Anda, menurut pakar nutrisi Staci Mall, RD.

1. Salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3, yang juga dimiliki tubuh dan terdapat pada membran setiap sel. Konsumsilah ikan salmon dan ikan lainnya yang mengandung omega 3 minimal dua kali seminggu. Jika tidak terlalu suka ikan, kamu bisa konsumsi telur omega 3 atau minum suplemen minyak ikan.

"Asam lemak omega 3 sudah terbukti bisa mengatasi kekeringan vagina pada wanita menopause," kata Staci.

2. Stroberi
Ladies Perlu Tahu, 8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Miss VFoto: Ilustrasi/thinkstock
Buah dengan rasa asam segar ini tinggi akan vitamin C, jenis vitamin yang juga baik memelihara kesehatan vagina dari dalam. Kandungan vitamin C pada stroberi lebih tinggi dai jeruk.

"Vitamin C diperlukan tubuh untuk kelenjar adrenal, yang memproduksi hormon seks dan hormon stres kortisol. Vitamin C juga penting untuk memelihara kolagen yang menjaga elastisitas jaringan serta otot, (termasuk otot vagina)," jelas Staci.

3. Yoghurt
Perut dan vagina membutuhkan bakteri baik agar selalu sehat. Bakteri baik banyak terdapat dalam yoghurt. Konsumsilah yoghurt tawar atau tanpa rasa yang ditambahkan buah-buahan segar. Hindari yoghurt manis karena gula merupakan makanan empuk bagi bakteri jahat dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan di dalam tubuh.

4. Avokad
Ladies Perlu Tahu, 8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Miss VFoto: Istimewa
Avokad kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu tubuh memproduksi lebih banyak hormon seks. Kekurangan hormon seks akan membuat vagina lebih kering dari biasanya, dan membuat akttivitas bercinta kurang menyenangkan. Lemak tak jenuh tunggal juga terdapat dalam kacang-kacangan dan minyak zaitun.

5. Kale
Kale mengandung kalsium dan magnesium yang penting untuk menjaga fungsi otot, termasuk otot vagina. Selain kale, dua mineral ini juga bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

6. Gandum Utuh
"Gandum utuh mengandung serat sehat yang akan menjadi makanan bagi bakteri baik untuk menjaga kesehatan vagina," kata Staci, yang juga menyarankan banyak makan pisang.

7. Kimchi
Ladies Perlu Tahu, 8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Miss VFoto: iStock
Makanan khas Korea Selatan ini juga kaya akan bakteri baik, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan vagina. Selain kimchi, makanan fermentasi lainnya yang juga bagus untuk vagina adalah acar dan sup miso.

8. Telur
Telur kaya akan vitamin D yang bisa memelihara kesehatan vagina. Kekurangan vitamin D akan membuat kamu rentan terkena infeksi vagina yang disebabkan vakteri vaginosis. (hst/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177