Kamis, 22/02/2018 16:36 WIB

Milan Fashion Week 2018

Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show Moschino

Hestianingsih - wolipop
Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show Moschino Foto: Reuters
Milan - Milan Fashion Week Fall/Winter 2018 hari pertama, Rabu (21/2/2018), dipenuhi kejutan dari para desainer maupun brand ternama. Setelah Gucci yang menghebohkan panggung runway dengan menampilkan model yang membawa 'kepala manusia', giliran Moschino menghadirkan Jackie Kennedy.

Di bawah arahan Jeremy Scott sebagai creative director, Moschino 'menghidupkan' kembali Jackie Kennedy, atau Jackie O, untuk membawakan koleksi busana terbarunya. Tapi Jackie O versi Moschino tampil sedikit berbeda.
Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show MoschinoFoto: Reuters

Tetap dengan rambut bob yang ditata blow out khas Jackie O, namun dengan kulit yang berwarna-warni. Seperti alien yang muncul di era '60-an. Untuk koleksi bergaya pop-art ini, Moschino berkolaborasi dengan seniman asal Australia, Ben Frost.

Tak sekadar nyentrik dan eklektik, ada pesan politik yang ingin disampaikan dalam fashion show kali ini. Masa pemerintahan John F. Kennedy, di mana Jackie O menjadi ibu negaranya, merupakan periode di mana konspirasi teori marak terjadi di tengah kerusuhan politik.
Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show MoschinoFoto: Reuters

Sosok Jackie O dikagumi karena tetap berkontribusi, sepeninggal sang suami yang terbunuh saat iring-iringan mobil di Dallas, pada 1963. Jackie O melanjutkan hidupnya dengan menjadi editor buku dan dikenal kontribusinya pada seni dan arsitektur sejarah. Jackie O juga selalu dikenang karena gaya busananya yang elegan, klasik dan berkelas.
Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show MoschinoFoto: Reuters

"(Koleksinya) sangat Jackie, sangat menggambarkan seorang nyonya rumah, retrofuture futuristik, dan sedikit ada pengaruh Marilyn Monroe," ujar Jeremy Scott tentang koleksinya, seperti dikutip dari Dazed Digital.

Koleksi Moschino Fall/Winter 2018 terilhami dari fenomena perpindahan penduduk, para imigran gelap, atau 'alien' ilegal. Bisa dibilang, koleksi ini merupakan gambaran Jeremy Scott saat dia memikirkan tentang alien.
Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show MoschinoFoto: Getty Images

"Aku ingin bermain dengan ide seperti apa sih alien itu. Bagaimana seharusnya alien digambarkan dan terlihat," katanya.

Melihat koleksinya, kita akan teringat pada film-film Austin Powers. Seperti 'International Man of Mystery', 'The Spy Who Shagged Me' dan 'Goldmember'. Nuansa '60 dan '70-an sangat kental dengan permainan warna kontras, serta motif-motif atraktif.
Saat Jackie O Jadi Alien di Fashion Show MoschinoFoto: Getty Images

Jangan lupakan juga aksesori yang desainnya selalu menarik perhatian. Mulai dari fanny pack, clutch, ikat pinggang dan kacamata hitam bergaya pop-art. Tampil pula busana setelan dengan garis tailoring, turtleneck, coat, blazer dan celana berpotongan lebar. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com