Kamis, 22/02/2018 07:09 WIB

5 Manfaat Wortel untuk Kecantikan

Alisa Kintan - wolipop
5 Manfaat Wortel untuk Kecantikan Foto: Thinkstock
Jakarta - Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Seperti vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari.

Menurut pakar nutrisi dan pendiri produk kecantikan natural Edible Beauty, Anna Mitsios, jus wortel dapat membantu kulit agar mampu menyembuhkan secara cepat serta mencegah infeksi dan juga mengurangi tanda penuaan akibat peradangan kulit.

Selain itu, ada lagi manfaat jus wortel yang lainnya. Mau tahu apa saja? Inilah manfaat jus wortel seperti yang dikutip oleh Pop Sugar:

1. Mengurangi Kemerahan dan Bekas Luka
'Jus wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang dimana diubah menjadi retinol, yaitu salah satu bahan alami pembuat vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan bagi kulit untuk meremajakan, mencerahkan, dan menenangkan kulit. Kamu bisa mencampur cairan jus wortel dengan 2 sendok oatmeal dan satu sendok madu agar teksturnya menjadi campuran yang padat. Setelah itu usapkan ke wajah dengan dijadikan masker dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas.

2. Mencegah dan Mengatasi Efek Buruk Matahari
Menurut Dr. Purvisha Patel, seorang dermatologis dan pendiri Visha Skincare mengatakan bahwa jus wortel dapat membantu kita mengatasi efek buruk matahari seperti kerutan dan flek hitam karena wortel mengandung antioksidan bernama falcarinol. "Kandungan karoten pada wortel juga berguna sebagai sun protector," tambahnya. Namun bukan berarti kita keluar tanpa memakai SPF, karena karoten tidak melindungi sepenuhnya.

3. Mengurangi Jerawat
"Kandungan betakaroten dalam jus wortel secara efektif dapat mengontrol produksi sebum dan mengurangi efek breakout akibat jerawat," kata Anna Mitsios. Kamu bisa membuat masker dari wortel untuk mengurangi dan mencegah jerawat. Dr Patel menambahkan bahwa orang-orang di India biasanya membuat masker dengan menambahkan 1 sdt tepung garbanzo, 1 sdt kunyit, dan 1 sdt sari wortel lalu diaduk hingga teksturnya lembut. Setelah itu dipakai ke seluruh muka dan diamkan hingga 15 menit, lalu bilas.

4. Menstimulasi Produksi Kolagen
Semakin tua produksi kolagen dalam tubuh akan makin berkurang. Kolagen adalah zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Maka dari itu kita perlu untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu menambah produksi kolagen, salah satunya wortel. Menurut Ahli nutrisi Anna Mitsios, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dalam kulit serta menjaga elastisitas kulit.

5. Wajah Bersinar
Mitsios kembali menjelaskan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam wortel, yaitu karotenoid dapat bekerja menangkal radikal bebas. Selain itu jus wortel dapat menghidrasi kulit, sehingga dapat membuat kulit kencang dan berkilau. (kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177