Senin, 19/02/2018 18:32 WIB

Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang Rontok

Hestianingsih, Alisa Kintan - wolipop
Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang Rontok Foto: Thinkstock
Jakarta - Sering kali kita kesal ketika komputer yang sedang dipakai tiba-tiba mengeluarkan suara aneh, lalu jadi melambat loading-nya alias lemot. Tahukah kamu, penyebab laptop menjadi lemot ternyata bukan hanya karena masalah teknis?

Komputer menjadi lemot karena berbagai faktor. Rata-rata penyebabnya karena sistem operasional yang ketinggalan zaman, virus, atau terlalu banyak aplikasi.

Tapi ternyata ada hal tak terduga yang membuat kerja laptop jadi lemot. Yakni kebiasaan penggunanya yang jorok.

Seperti dikutip dari Allure, sebuah stasiun berita lokal di Florida, WFTS, baru-baru ini mengadakan diskusi bersama Best Buy Geek Squad --jasa servis perlindungan dan perbaikan komputer-- untuk mencari tahu alasan kecepatan kerja laptop melambat. Jawabannya mencengangkan.
Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang RontokFoto: Thinkstock

Menurut mereka, selain akibat dari kebiasaan mengunduh file berukuran besar dari internet dan juga kebanyakan aplikasi, laptop lemot juga bisa disebabkan oleh penumpukan serpihan kulit mati penggunanya. Eww!

"Bekas debu, makanan dan sampah lainnya menumpuk di komputer, khususnya berkumpul pada kipas di dalam komputer," ujar Adam Silkey dari Best Buy Geek Squad.

Menurut Adam Silkey, kipas berfungsi menjaga komputer agar tidak panas dan kecepatannya stabil. Penumpukan debu, sisa makanan dan sampah bisa menghambat kipas untuk melakukan fungsinya.
Laptop Sering Lemot? Bisa Jadi Gara-gara Kulit Mati Kamu yang RontokFoto: Gettyimages

Perihal debu dan sampah lainnya yang dimaksud Adam Silkey, kebanyakan bersumber dari sel kulit mati. Secara tidak sadar, sel kulit mati bisa rontok dan masuk ke dalam kipas komputer melalui celah-celah keyboard laptop saat kamu mengetik.

"Debu, utamanya dari kulit mati manusia, adalah salah satu penyebab utama yang membuat kecepatan komputermu melambat," kata Adam Silkey.

Kenapa sel kulit mati bisa rontok saat kita beraktivitas di siang hari?

"Kulit kita terkelupas secara alami setiap waktu. Perlu waktu lama sampai sel-sel kulit mati itu menumpuk dan menyumbat kipas di dalam komputer," jelas Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di Mount Sinai Hospital, New York City.

Adam menyarankan para pengguna komputer laptop agar sering-sering membersihkan keyboard. Kamu bisa menggunakan duster atau compressed air can, yang bisa membersihkan debu-debu serta sampah dari dalam komputer. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com