Senin, 19/02/2018 07:37 WIB

Tak Pakai Gaun Hitam di BAFTA, Kate Middleton Picu Kontroversi

Anggi Mayasari - wolipop
Tak Pakai Gaun Hitam di BAFTA, Kate Middleton Picu Kontroversi Foto: Getty Images
London - Kate Middleton tampil memukau pada penghargaan film British Academy Film Awards (BAFTA) 2018 pada Minggu malam (18/2/2018). Namun, pilihan Duchess of Cambridge pada pakaiannya ini mendapat kritik dari beberapa orang.

Seperti penghargaan Golden Globe bulan lalu, para bintang berpakaian hitam dalam menunjukkan solidaritas dengan kampanye anti pelecehan seksual, Time's Up. Para tamu BAFTA ini juga diimbau untuk mengenakan busana hitam saat menghadiri malam penghargaan sineas bergengsi di Inggris itu.

Namun, bangsawan yang tengah hamil anak ketiga ini memilih untuk memakai busana berwarna hijau gelap saat ia menemani sang suami Pangeran William, yang merupakan presiden BAFTA, untuk prosesi tersebut. Meski memukau dengan tampilannya itu, warna gaun yang dikenakan Kate memicu debat sosial tentang seharusnya Kate memakai gaun hitam.
Tak Pakai Gaun Hitam di BAFTA, Kate Middleton Picu KontroversiFoto: Getty Images

"Kecewa pada #KateMiddleton #DuchessofCambridge tidak mengenakan warna hitam pada #EEBAFTA. Ini bukan hal yang politis. Ini hal wanita! #TimesUp #StandTogether," komentar netizen dengan nama akun Nikki Long

"Saya tahu keluarga kerajaan tidak seharusnya terlibat dengan "protes" atau apapun. Tapi, apakah itu sangat buruk bagi Kate Middleton untuk memakai warna hitam ??? # BAFTAs2018," kritik Rachel McGrath

"Aku merasa benar dikecewakan (tidak tahu, aku peduli banyak). Mereka mungkin "bangsawan modern" dll tapi ini hanya menunjukkan berapa banyak yang sebenarnya tidak berubah. # BAFTAs2018," tambahnya.


"Dia terlihat cantik. Gaunnya bagus. TAPI saya sedikit lebih kecewa (dan marah sebenarnya) bahwa dia memilih untuk tidak memakai warna hitam. #TimesUp tidak bersifat politis. Ini tentang hak asasi manusia. Dan bahkan jika itu adalah politik (ya, bukan), ini adalah alasan yang harus dia hadapi," kritik netizen lainnya.

Sun melaporkan bahwa akan ada dampak jika Duchess of Cambridge ikut mengenakan busana hitam, karena dapat dianggap sebagai pernyataan politik, yang secara ketat bertentangan dengan peraturan keluarga kerajaan. Namun, Kate mengenakan selempang hitam dengan gaun itu, yang oleh beberapa pengamat mode dibaca sebagai caranya untuk membuat pengakuan tanpa membuat pernyataan politik yang terbuka. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com