Kamis, 15/02/2018 18:02 WIB

New York Fashion Week 2018

Marc Jacobs Tampilkan Model Berhijab di New York Fashion Week

Daniel Ngantung - wolipop
Marc Jacobs Tampilkan Model Berhijab di New York Fashion Week Foto: Slaven Vlasic/Getty Images
New York City - Desainer Marc Jacobs kembali menyuguhkan karya terbarunya di New York Fashion Week. Mencuri perhatian, para model yang muncul dengan penutup kepala seperti hijab.

September 2017 lalu, Marc mempresentasikan koleksi Spring/Summer 2018 dengan model berturban. Keputusan Marc untuk mengandalkan turban sebagai penghias kepala para modelnya sempat menuai kontra.

'Hijab' Warnai Koleksi Terbaru Marc Jacobs di New York Fashion WeekTurban di koleksi Spring-Summer 2018 Marc Jacobs. (Foto: REUTERS/Eduardo Munoz)

Tak sedikit yang menyebut Marc rasis karena turban dulunya dipakai oleh para perempuan Afrika yang menjadi budak di Amerika Serikat. Namun kenyataannya, turban sudah sering diadopsi sebagai penutup kepala yang modis. Di Indonesia, kerap ditemui hijabers yang menggunakan turban untuk menutupi rambutnya.

Berbicara soal hijab, Marc mencoba mengangkatnya di koleksi Fall-Winter 2018 yang ditampilkan di New York Fashion Week, Rabu (14/2/2018).

Keglamoran fashion di era 1980-an menjadi sumber inspirasi mantan direktur kreatif Louis Vuitton itu untuk koleksinya kali ini.

Koleksi Fall-Winter 2018 Marc Jacobs.Koleksi Fall-Winter 2018 Marc Jacobs. (Foto: Slaven Vlasic/Getty Images)

Penampilan glamor kala itu terdefinisikan lewat busana yang serba longgar nan dramatis. Marc tetap mempertahankan siluet tersebut dengan menghadirkan pilihan outerwear, seperti mantel dan blazer, berukuran besar.

'Hijab' Warnai Koleksi Terbaru Marc Jacobs di New York Fashion WeekFoto: Slaven Vlasic/Getty Images

Bahkan saking besarnya, model terlihat seperti tenggelam di dalam busana tersebut. Namun, Marc membuatnya terasa lebih modern dengan permainan warna dan motif yang berani, kombinasi material yang luks, serta ditingkahi pilihan aksesori yang edgy.

Untuk tampil glamor di era itu, kurang lengkap tanpa memakai kerudung sebagai penyempurna gaya. Tengok saja penampilan Grace Jones, yakni aktris, model, sekaligus penyanyi asal Jamaika yang menjadi ikon fashion di era 1980-an.

Grace Jones, ikon fashion di era 1980-an.Grace Jones, ikon fashion di era 1980-an. (Foto: Larry Ellis/Getty Images)

Dalam presentasinya, Marc menampilkan penutup kepala tersebut seperti hijab yang dipadukan dengan topi berukuran besar. Bentuknya bervariasi, ada yang mengepas di wajah, ada pula yang melebar.

'Hijab' Warnai Koleksi Terbaru Marc Jacobs di New York Fashion WeekFoto: Slaven Vlasic/Getty Images

Tidak diketahui pasti alasan Marc menampilkan 'hijab' di koleksi terbarunya ini. Belakangan, memang banyak desainer dunia mulai mencoba mengangkat modest wear, termasuk hijab, untuk meraih pasar baru.

'Hijab' Warnai Koleksi Terbaru Marc Jacobs di New York Fashion WeekFoto: Slaven Vlasic/Getty Images

Di saat perekonomian Eropa dan Amerika Serikat melesu, pasar Timur Tengah dan Asia menjadi sasaran empuk para pemain besar di industri fashion. Koleksinya pun disesuaikan dengan selera pasar dan budaya setempat.

Menarik melihat bagaimana desainer dunia mengolah modest wear sesuai kreativitasnya. Setelah Marc, akan ada desainer lain yang menyusul.

Marc Jacobs di akhir peragaan koleksi Fall-Winter 2018.Marc Jacobs di akhir peragaan koleksi Fall-Winter 2018. (Foto: Slaven Vlasic/Getty Images)
(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177