Jumat, 09/02/2018 16:13 WIB

Ketika Pria Korea Selatan Juga Kecanduan Kosmetik

Kiki Oktaviani - wolipop
Ketika Pria Korea Selatan Juga Kecanduan Kosmetik Foto: ist
Korea Selatan - Pria dan kosmetik menjadi dua hal yang tidak lazim. Namun di Korea Selatan, hal tersebut menjadi biasa. Ya, pria di Korea Selatan juga kecanduan kosmetik sama seperti wanita.

Seperti dikutip BBC, pria di Korea selatan menghabiskan lebih banyak uang untuk skin care dibanding pria lainnya di seluruh dunia. Tak hanya skin care, kini pria Korea pun sudah banyak yang mulai pakai makeup. Itu semua terinspirasi dari K-Pop idol dan aktor-aktor di drama Korea.

Ketika Pria Korea Selatan Juga Kecanduan Kosmetik Foto: dok. BBC


"K-pop idol menggunakan eyeliner dan lip tint yang sebelumnya identik hanya untuk wanita. Banyak pria yang ingin seperti K-pop idol dan hal tersebut berpengaruh pada industri makeup," kata Han Hyun-jae, makeup artist di Korea Selatan.

Ketika Pria Korea Selatan Juga Kecanduan Kosmetik Foto: Getty Images


Salah satu pria di Korea bernama Kim Seung-hwan mengungkapkan bahwa dia berkenalan dengan makeup saat dirinya masih SMP. Saat itu ia merasa tak percaya diri hingga perlu menutupi jerawatnya.

Seung-hwan mengaku bahwa biaya ke dokter kulit untuk perawatan kecantikan di klinik cukup mahal bagi seorang siswa. "Kemudian aku menemukan produk makeup dan aku membeli concealer dan foundation. Aku merasa perubahan drastis pada kulitku setelah menggunakan produk makeup tersebut," kata remaja 16 tahun itu.

"Aku merasa percaya diri setelah aku pakai makeup," tambahnya.

Pria lain yang diwawancara oleh BBC juga mengaku menggunakan BB cream. Bahkan ia tahu persis tahapan pakai kosmetik yang tepat.

"Sebelum aku pakai BB cream, aku harus pakai moisturizer terlebih dahulu. Moisturizer sangat wajib dipakai," kata pria yang ditemui di tengah jalan itu.

Meski pria di Korea sudah cukup umum pakai makeup, namun tetap sebagian masyarakat terutama generasi lebih tua kontra dengan hal tersebut. Hal itulah yang membuat Seung-hwan membuat channel Youtube tentang makeup.

"Ada orang yang menganggapku gay. Untuk itu aku ingin video-videoku dapat mengubah persepsi mereka," ucapnya. (kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com