Jumat, 09/02/2018 08:03 WIB

Tak Pernah Terlalu Tua untuk Belajar, Wanita Ini Raih Gelar Sarjana Usia 81

Anggi Mayasari - wolipop
Tak Pernah Terlalu Tua untuk Belajar, Wanita Ini Raih Gelar Sarjana Usia 81 Foto: Istimewa
Jakarta - Pada usia 81 tahun, Xue Minxiu baru saja membuktikan bahwa kita tak pernah terlalu tua untuk belajar. Baru-baru ini, ia mendapatkan gelar sarjana e-commmerce dari Universitas Tianjin setelah berjuang dengan usaha keras selama bertahun-tahun.

"Bagi saya, makna hidup adalah terus-menerus menantang dan memperbaiki diri, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada universitas karena telah memberi saya kesempatan untuk mewujudkan impian masa kecil," kata Xue saat pidato kelulusan, Minggu (4/2/2018), seperti dikutip dari Asia One.

Belajar di universitas telah menjadi tujuan dan ambisi hidupnya. Namun, Xue tak menyadari jika gelar pendidikannya itu ditempuh pada masa tuanya.
Tak Pernah Terlalu Tua untuk Belajar, Wanita Ini Raih Gelar Sarjana Usia 81Foto: Istimewa

Pada 1957, Xue mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dan diterima di Universitas Northwest. Namun, saat itu dia tengah bekerja sebagai perawat di sebuah sanatorium di Xi'an, Shaanxi. Xue pun tak pernah kuliah di universitas tersebut karena sanatorium menolak untuk membiarkannya pergi sebab stafnya kurang.

Pada 2001, ketika pembatasan usia maksimal 25 dari ujian masuk dihapuskan, Xue memutuskan melanjutkan impiannya untuk kuliah. Ia kemudian mempersiapkan program sarjana, mendaftar untuk kursus e-commerce. Meski telah memiliki semangat untuk belajar, pada 2013 Xue gagal mengikuti ujian dan tak memenuhi persyaratan penerimaan minimum.

Pada Maret 2014, di usianya yang 77 tahun ia berhasil masuk untuk menempuh pendidikan di Universitas Tianjin. Meski menjadi murid tertua di antara teman sekelasnya, Xue tetap paling rajin mengikuti pelajaran.
Tak Pernah Terlalu Tua untuk Belajar, Wanita Ini Raih Gelar Sarjana Usia 81Foto: Istimewa

Setiap harinya wanita yang belum pernah menikah itu bangun jam lima pagi. Hal pertama yang ia lakukan adalah menyalakan komputer dan belajar sebelum sarapan pagi. Saat waktu senggang di siang hari, Xue memilih untuk belajar di rumah atau membawa beberapa buku ke taman terdekat.

"Belajar membuat saya bahagia, dan selalu bermanfaat. Terlepas dari semua kesulitan yang saya alami selama tahun-tahun sebelumnya, saya menjadi lebih bijaksana dan kuat. Seseorang bisa benar-benar mengenal diri sendiri saat kesulitan datang," kata Xue.

Wanita yang tinggal seorang diri di sebuah apartemen ini juga mahir berbicara empat bahasa asing, Inggris, Prancis, Rusia, dan Latin. Semuanya itu pun ia pelajari sendiri. Nenek 81 tahun ini menyukai fotografi dan memanfaatkan waktu luangnya dengan berseluncur atau berenang.

"Hidup ini terbatas, saya ingin benar-benar menjalani hidup saya, saya ingin mematahkan stereotip dan tetap setia pada keinginan hati saya. Memiliki keberanian untuk terus mandiri itu penting," imbuhnya. (agm/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com