Kamis, 08/02/2018 16:39 WIB

Hati-hati Ladies! Ini 3 Tester Kosmetik Paling Berisiko untuk Dicoba

Hestianingsih - wolipop
Hati-hati Ladies! Ini 3 Tester Kosmetik Paling Berisiko untuk Dicoba Foto: Thinkstock
Jakarta - Mencoba tester kosmetik terkadang menjadi dilema bagi wanita. Produk-produk tester kerap diragukan kehigienisannya karena sudah dipakai berbagai macam orang. Ada risiko terpapar bakteri, virus maupun kuman dari penggunaan produk tester yang tidak higienis.

Di sisi lain, wanita ingin memastikan produk yang dibelinya cocok dan benar, sehingga perlu mencoba tester terlebih dahulu di toko atau counter kosmetik yang bersangkutan. Lantas, apa yang perlu dilakukan para beauty enthusiast ini?

Susie Sobol, makeup artist profesional asal Amerika memang tak menampik adanya penyebaran bakteri maupun kuman akibat memakai kosmetik bergantian. Saran Susie, sebaiknya kamu hindari mencoba produk-produk yang lembap.
Hati-hati Ladies! Ini 3 Tester Kosmetik yang Paling Bahaya untuk DicobaFoto: thinkstock
"Lipstik, balm dan highlighter dalam bentuk stik sedikit lebih berisiko karena permukaannya yang lembap bisa membuat kuman mudah menempel," kata Susie, seperti dikutip dari Allure.

Segala sesuatu yang lembap merupakan habitat yang disukai bakteri, virus juga kuman. Ketika produk tersebut dicoba oleh seseorang yang sedang flu, pilek, atau habis terpapar bakteri --toilet misalnya-- besar kemungkinan kuman-kuman itu akan berpindah ketika kamu mencoba tester yang sama.
Hati-hati Ladies! Ini 3 Tester Kosmetik yang Paling Bahaya untuk DicobaFoto: Thinkstock

Menurut Susie, produk paling berbahaya untuk dicoba testernya adalah lipstik, lip gloss dan maskara. Tiga jenis produk ini dicobakan pada mulut dan mata yang memiliki selaput lendir, sehingga bakteri lebih mudah berpindah.

Concealer dan highlighter berbentuk krim juga berisiko menyebarkan bakteri, meskipun efeknya mungkin tidak separah tiga produk sebelumnya. "Mungkin hanya (menyebabkan) satu atau dua jerawat," kata Ginger King, seorang ahli kimia.
Hati-hati Ladies! Ini 3 Tester Kosmetik yang Paling Bahaya untuk DicobaFoto: Thinkstock

Produk-produk berbasis bedak seperti blush on dan eyeshadow cenderung lebih aman dicoba. Tapi akan lebih aman jika kamu membersihkan permukaannya terlebih dahulu sebelum dan setelah dicoba.

"Usap terlebih dahulu menggunakan tisu dan pakai kuas yang bersih," saran Susie.

Kamu juga bisa memakai makeup remover atau tisu basah yang biasanya disediakan di counter kosmetik. Basahi tisu atau kapas dengan makeup remover, lalu gunakan untuk membersihkan permukaan kosmetik seperti lipstik dan lip gloss. Jika produk yang dicoba berbentuk cair, gunakan makeup remover untuk membersihkan kuasnya.

Cara ini mungkin tidak menghilangkan 100 persen bakteri yang menempel pada produk tester. Namun setidaknya dapat meminimalisir penyebaran bakteri. Kalau kamu ingin benar-benar aman, sebaiknya cukup coba produk tester di punggung tangan saja. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com