Kamis, 08/02/2018 10:37 WIB

5 Penjelasan Ilmiah Kenapa Wanita Suka Banget Pakai Makeup

Alisa Kintan - wolipop
5 Penjelasan Ilmiah Kenapa Wanita Suka Banget Pakai Makeup Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak wanita menghabiskan waktunya hingga berjam-jam untuk mempercantik penampilan menggunakan makeup. Produk yang digunakan pun beragam, mulai dari foundation, eyeshadow, eyeliner, blush on, lipstik hingga highlighter.

Kenapa sih wanita sangat suka dandan? Bahkan beberapa wanita mengaku tidak bisa keluar rumah tanpa memakai makeup. Sejumlah penelitian menjelaskan alasan psikologis kenapa wanita suka pakai makeup, seperti dikutip dari Psychology Today.

1. Lipstik
Foto: Dok. Instagram Rihanna

Menurut penelitian yang dilakukan Stephen & McKeegan pada 2010, wanita yang menggunakan lipstik merah jauh terlihat lebih atraktif dibandingkan wanita yang tidak memakai lipstik. Percobaan di lapangan menunjukkan bahwa lipstik merah membuat pria lebih cepat mendekatinya ketika sedang berada di tempat umum. Studi tersebut juga menunjukkan wanita yang bibirnya dihiasi lipstik merah lebih cepat didekati pria ketimbang wanita dengan lipstik cokelat atau pink.

2. Foundation
Foto: dok. Marc Jacobs

Penggunaan foundation dapat meratakan warna kulit yang dapat memberikan kesan kulit sehat dan simetris. Dengan kata lain, foundation dikenal sebagai produk makeup yang bisa meningkatkan kecantikan wanita.

Faktanya dalam sebuah studi, foundation adalah produk kecantikan yang paling membuat penampilan wanita berbeda. Hal ini diketahui setelah sekelompok pria diuji untuk melihat daya tarik wanita ketika menggunakan makeup. Mulai dari yang tidak memakai makeup hingga yang memakai full makeup.

3. Fokus Pada Bagian Mata
Foto: Thinkstock

Dalam sebuah studi, wanita memilih riasan mata sebagai produk makeup yang paling bisa meningkatkan daya tarik di wajahnya. Wanita dewasa umumnya dipandang cantik ketika mereka memiliki fitur wajah yang menyiratkan kesan awet muda. Salah satunya mata yang lebih besar. Produk-produk mata seperti eyeshadow, eyeliner dan maskara bisa menciptakan tampilan mata yang lebih ekspresif dan 'terbuka'.

4. Blush On
Foto: Thinkstock

Pipi wanita biasanya akan memerah ketika mereka sedang jatuh cinta atau terangsang secara seksual. Rona merah pada pipi akan membuat wajah terlihat lebih segar dan sehat. Nah, penggunaan sedikit blush on pada pipi bisa menciptakan kesan tersebut ketika dikenakan.


5. Makeup Membuat Wajah Terlihat Lebih Sehat
Foto: Getty Images

Produk kosmetik sedikit banyak membantu wanita dalam membuat persepsi cantik pada dirinya. Sebuah hasil eksperimen menunjukkan wanita yang menggunakan produk kosmetik pada wajahnya dinilai lebih sehat, percaya diri, bahkan memiliki potensi yang lebih baik dibandingkan wanita yang tidak memakai makeup. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya produk makeup sangat berguna dalam menentukan representasi diri seseorang.

Makeup memang dapat membuat karakter seseorang berbeda secara fisik. Walaupun begitu, kita tetap harus memprioritaskan kecantikan dari dalam daripada penampilan fisik semata. Mulailah untuk meningkatkan kecantikan di sektor lain. Misalnya bersikap ramah, meningkatkan kecerdasan, punya sedikit rasa humor dan lebih peduli pada orang lain.

Perawatan kecantikan juga diperlukan. Rawat kulitmu dengan produk-produk sesuai jenis kulit, dan lakukan juga perawatan dari dalam seperti olahraga dan makan makanan sehat. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com