Selasa, 30/01/2018 11:40 WIB

5 Industri Menjanjikan untuk Millennial yang Ingin Berwirausaha

Rahmi Anjani - wolipop
5 Industri Menjanjikan untuk Millennial yang Ingin Berwirausaha Foto: iStock
Jakarta - Banyak millennial punya pandangan dan pendekatan berbeda mengenai kewirausahaan yang mungkin berbeda dari generasi sebelumnya. Salah satunya adalah dengan memilih bidang bisnis yang lebih menyesuaikan zaman bahkan melihat masa depan. Dari sosok-sosok yang masuk daftar 30 under 30 versi majalah Inc., terungkap sejumlah bidang atau industri kerja baru yang bisa menjadi lahan potensial bagi wirausahawan millennial. Berikut lima di antaranya:

1. Keuangan Online
Kecanggihan teknologi membuat orang semakin malas mengurus keuangan di bank tradisional. Tidak hanya untuk transaksi online namun investasi real estate hingga beli saham. Karenanya, banyak wirausaha millennial tertarik mengembangkan bidang ini meski modalnya tidak sedikit dan pasar tidak terlalu luas. Salah satu milllennial yang berhasil mengembangkan bisnis ini adalah Ryang Williams, pemilik aplikasi Robinhood untuk membeli dan menjual saham.

2. Makanan 'Bersih'
Kuliner masih menjadi industri primadona yang selalu menarik bagi pengusaha maupun pelanggan. Selalu saja ada makanan atau konsep restoran baru dan unik yang bisa ditemukan. Namun jenis kuliner yang dikatakan akan booming selanjutnya adalah makanan 'bersih' misalnya vegetarian atau bebas pengawet. Jika bisa harganya juga jangan terlalu mahal sehingga bisa menjangkau berbagai kalangan.

3. Menuju Bulan
Anda yang ingin menjadi Elon Musk atau Jeff Bezos selanjutnya mungkin perlu meneruskan mimpi tersebut. Industri aerospace dikatakan sedang booming dan perlu dipertimbagnkan para milllennial. Beberapa sosok pebisnis yang masuk 30 under 30 juga melirik bidang ini. Salah satunya Aerobo, sebuah studio film yang mempekerjakan sinematografer aerial dan drone untuk menghasilkan potret ruang angkasa. Klien Aerobo termasuk Amazon, Netflix, hingga Fox.

4. Marketing Kekinian
Generasi zaman sekarang dikatakan sulit untuk dipengaruhi iklan. Salah satu alasannya karena mereka bisa kehilangan konsentrasi setelah delapan detik yang merupakan pengaruh dari informasi digital. Untuk menghasilkan iklan yang bisa mempengaruhi mereka dibutuhkan marketing kekinian. Misalnya dengan menggandeng selebgram atau YouTuber. Anda yang terpikir buat usaha mungkin bisa membangun agensi yang membantu brand memilih YouTuber tercocok atau mengatur endorsement para selebgram.

5. Asisten Keseharian
Teknologi sekarang ini semakin memudahkan hidup manusia. Apalagi setelahberkembangkan internet yang membuat Anda bisa mengontrol segala sesuatunya dari ponsel ataulaptop. Tidak aneh lagi jika berbagai alat dibuat semakin canggih. Misalnyastartup Red PowerBikes yang menghasilkan sepeda berdaya elektronik sehingga Anda tak perlu keluar keringat meski menempuh perjalanan panjang. AtauNeopenda yang memproduksi monitor tanda vital, seperti detak jantung untuk bayi yang bisa dibawa kemana-mana.
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com