Jumat, 26/01/2018 14:25 WIB

Pindahkan Pabrik Sneakers dari Italia ke China, Balenciaga Diprotes Pelanggan

Rahmi Anjani - wolipop
Pindahkan Pabrik Sneakers dari Italia ke China, Balenciaga Diprotes Pelanggan Foto: Balenciaga
Jakarta - Sneakers Triple S keluaran Balenciaga menjadi salah satu item fashion 'hot' di 2017 hingga sekarang. Meski kerap dijuluki sebagai sneakers 'bapak-bapak' karena bentukya yang besar, para fashionista dan seleb ternama cukup menggemarinya. Keluaran brand eksklusif dan dijual mahal, tentu para pelanggan mengharapkan kualitas serta imej mewah. Tak heran, mereka marah ketika tahu produksi sneakers $850 (Rp 11 jutaan) itu dipindah ke China dari Italia.

Sebelumnya sneakers Triple S Balenciaga hadir dengan label 'Made In Italia' yang mengesankan kualias dan imej mahal. Namun pelanggan mulai menemukan jika sepatu yang dipakai G Dragon hingga Pharrel itu bertuliskan 'Made In China'. Hal tersebut kemudian mengundang protes dari para pelanggan setia.

Pindahkan Pabrik Sneakers dari Italia ke China, Balenciaga Diprotes PelangganFoto: Instagram
"Aku beli sepasang (sneakers Triple S) kemarin di toko Balenciaga dan ketika aku sadar itu dibuat di China. Sepatu itu sedikit berbeda dari yang dibuat di Itali. Harga retail-nya persis sama dan aku cukup terkejut ketika menemukan Balenciaga sudah memindahkan manufakturnya," ungkap pengguna Reddit, Piggehdoom yang sekaligus menguggah foto buktinya ke Imgur.

Barang-barang buatan China sering dikenal kurang berkualitas bahkan tiruan walau tidak semua demikian. Piggehdoom pun tidak merasa jika kualitas sneakers Balenciaga ini benar-benar menurun setelah dibuat di China. Namun menurutnya, Balenciaga melakukan hal yang aneh dengan memindahkan pabrik dari Italia ke China. Ia lalu mengonfirmasinya langsung ke Balenciaga.

Pindahkan Pabrik Sneakers dari Italia ke China, Balenciaga Diprotes PelangganFoto: Imgur
"Triple S awalnya dibuat di Italia tapi manufaktur sepatunya dipindah ke China di mana mereka punya savoir-faire (bisa beradaptasi) dan kapasitas untuk membuat sepatu menjadi lebih ringan," kata representatif Balenciaga.

Buatan China memang belum tentu tidak berkualitas. Pelanggan yang mendapat Triple S buatan China pun tidak melihat adanya perbedaan besar. Namun tetap saja beberapa dari mereka merasa kecewa.

Pindahkan Pabrik Sneakers dari Italia ke China, Balenciaga Diprotes PelangganFoto: Imgur
"Sedikit kecewa setelah membayar hampir $1,000 (Rp 13 jutaan) untuk ini. Satu hal yang aku sadari setelah membedakannya dengan yang versi Italia adalah tidak terlalu berat. Bagian distressing juga lebih detail pada versi Italia. Versi China lebih ringan tapi aku sadar pada sepatu yang baru seperti bergerak sedikit (ketika dipakai), versi asli benar-benar terasa dan muat lebih baik," kata Youtuber LSAVER.

"Perubahan produksi 'buatan China' ini benar-benar buat marah. Mereka seharusnya menurunkan harganya karena itu (buatan Italia) adalah salah satu alasannya harga 650€ (Rp 10 jutaan)," katanetizen lain.
(ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177