Senin, 22/01/2018 16:03 WIB

Man Bun, Gaya Rambut Cepol Pasha 'Ungu' yang Jadi Kontroversi

Kiki Oktaviani - wolipop
Man Bun, Gaya Rambut Cepol Pasha Ungu yang Jadi Kontroversi Foto: Screenshoot Narasi
Jakarta - Gaya rambut cepol ala Pasha 'Ungu' kini jadi kontroversi. Lantaran, gaya rambutnya itu dianggap nyeleneh atau terlalu nyentrik untuk seorang pejabat. Gaya rambutnya itu dikenal sebagai man bun. Seperti apa tren man bun dikalangan pria?

Wakil Walikota Palu dengan nama lengkap Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau yang lebih dikenal Pasha 'Ungu' itu tampil dengan rambut man bun dan tatanan skin head saat tampil di acara narasi.tv yang dipandu Glenn Fredly dan Tompi. Direktur Fasilitas Kepala Daerah, DPD dan Hubungan antar lembaga (FKDH) Kemendagri, Akmal Malik menyebut Pasha melanggar etika.

"Sisi etika saja, ada aturan berpakaian rapi, tatacara berpakaian dinas. Secara normatif tidak melanggar UU, hanya melanggar etika tata cara berpakaian," kata Akmal saat dihubungi.

Man Bun, Gaya Rambut Cepol Pasha 'Ungu' yang Jadi KontroversiFoto: Screenshoot Narasi


Tatanan rambut tersebut telah jadi tren di kalangan selebriti Hollywood pria sejak beberapa tahun silam. Sebut saja David Beckham, Jarred Letto hingga Bradley Cooper yang tampil dengan man bun.

Man Bun, Gaya Rambut Cepol Pasha 'Ungu' yang Jadi KontroversiFoto: Dok. Getty Images


Man bun bisa didefinikasikan tipe rambut pria yang panjang di kuncir cepol. Bisa dikuncir cepol setengah atau seluruh rambut yang dikuncir cepol. Pasha 'Ungu' sendiri tampil lebih nyentrik dengan man bun yang dikuncir setengah, sementara bagian samping dan setengah rambutnya dicukur plontos atau fade haircut.

Man Bun, Gaya Rambut Cepol Pasha 'Ungu' yang Jadi KontroversiFoto: Screenshoot Narasi


Awalnya man bun digunakan oleh pria-pria hipster yang tidak suka tampil terlalu rapi dengan rambut cepak dan menggunakan pomade. Sebelum para seleb tampil dengan tatanan rambut tersebut, man bun dipopulerkan oleh para bartender di Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Hingga tren man bun ini menelurkan ide bisnis clip-on man buns alias cepol palsu yang diciptakan khusus bagi para pria. Cepol palsu ini sangat praktis dipasangkan ke rambut asli karena mereka yang rambutnya tidak panjang bisa juga mengaplikasikan tren man bun.

(kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com