Kamis, 18/01/2018 15:49 WIB

Ilustrator Amerika Ini Membuat Komik Khusus Kisah Hidup Hijabers

Silmia Putri - wolipop
Ilustrator Amerika Ini Membuat Komik Khusus Kisah Hidup Hijabers Foto: Instagram
Jakarta - Jika biasanya hijaber kental dengan konten berbau fashion dan beauty di Instagram, lain halnya dengan konten komik buatan Huda Fahmy. Akun Instagram @YesImHotinThis membeberkan kisah kocak hijaber di kehidupan sehari-harinya.

Berawal dari keinginan Huda Fahmy, muslimah asal Amerika untuk menulis pengalaman para muslimah yang tinggal di Amerika. Meskipun lekat dengan cibiran atau pandangan negatif, Huda ingin menulis kesehariannya dengan kemasan yang lucu, menghibur, dan tidak menakutkan.

Ilustrator Amerika ini Membuat Komik Khusus Kisah Hidup HijabersFoto: Instagram


Namun, ide ini tidak mudah diterima oleh para penerbit di sana. Para penerbit merasa Huda Fahmy bukan selebriti atau orang terkenal hingga kisahnya tidak akan menarik perhatian. Dia harus jadi 'seseorang' dulu, agar ceritanya menarik untuk dibaca.

Ia pun memutuskan untuk memasukkan ide cerita tersebut ke dalam komik dan mengunggahnya di Facebook dan Instagram. Dari sinilah, komiknya mulai dikenal oleh para muslimah dari penjuru dunia.

*based on a tweet by @azmiaakamia* ☀️ To those who believe the man was just being polite, let me let you in on something: it is not polite to assume her husband is her jailer, master, warden from whom you need permission to address her. It is not polite to act as if she's not standing right there. It is not polite to strip her of her voice by directing questions that were meant for her to her husband. It is also SUPER weird to be stopped by a random someone to be asked about an article of clothing I'm wearing. I wouldn't stop a dude and ask why he's wearing pants today... And to those who say I'm missing a dawah opportunity (i.e. a chance to teach about Islam), I say, no. Kudos to the people who take the time to give dawah, but we don't owe it to anybody to give any answers. *follow AZMIAakaMIA on Twitter for awesome insights

A post shared by Yes, I'm Hot In This (@yesimhotinthis) on Jan 10, 2018 at 7:52am PST


Ternyata banyak muslimah yang memiliki pengalaman yang sama dengannya. Kisahnya yang dibuat lucu dan ringan membuat komik ini terasa natural meskipun membawa nama agama. Kini, Instagram @YesImHotinthis sudah memiliki 122,000 followers.

Ilustrator Amerika ini Membuat Komik Khusus Kisah Hidup HijabersFoto: Instagram


Dilansir dari Affinity Magazine, Huda Fahmy mengaku banyak menerima DM dari teman-teman muslimah berbagai negara. Tentunya tak hanya tanggapan positif, tanggapan negatif pun kerap kali datang. Tapi karena ia tidak memiliki niat jelek atau mengharap apapun, ia bisa lebih santai menghadapinya.

Wanita muslim khususnya di Amerika, sarat dengan tuduhan terorisme atau kekerasan. Melalui komik ini, ia ingin menunjukkan bahwa wanita muslim berhijab juga sama saja dengan wanita lainnya. Ada yang lucu, kreatif, dan seringkali merasa kesal jika dibeda-bedakan.

Ia berpesan kepada seluruh wanita muslim untuk mencoba melakukan hal baru. Mencoba sesuatu yang baru, akan mengajarkan kita sesuatu yang baru juga, setuju? (sil/sil)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177