Kamis, 11/01/2018 15:14 WIB

Miris, Bayaran Michelle Williams Hanya 1% dari Gaji Mark Wahlberg

Daniel Ngantung - wolipop
Miris, Bayaran Michelle Williams Hanya 1% dari Gaji Mark Wahlberg Foto: Getty Images
Hollywood - Kesenjangan upah antara pria dan wanita rupanya masih terjadi di Hollywood. Baru-baru ini, beredar kabar bahwa aktor Mark Wahlberg mendapat upah US$ 1,5 juta dari syuting ulang film 'All the Money World'. Sementara itu lawan mainnya, Michelle Williams, hanya dibayar kurang dari US$ 1.000 atau satu persen dari gaji Mark.

Ironisnya, kabar tersebut terkuak dalam laporan USA Today yang diterbitkan pada 9 Januari, dua hari setelah para selebriti dunia bersatu dalam balutan busana serba hitam untuk menyuarakan gerakan Time's Up di ajang Golden Globes 2018. Time's Up muncul sebagai bentuk perlawanan terhadap pelecehan seksual dan kesenjangan upah di Hollywood.

Mark Wahlberg bersama Michelle Williams dan Ridley Scott. Mark Wahlberg bersama Michelle Williams dan Ridley Scott. (Foto: Getty Images)

Sutradara Ridley Scott harus melakukan syuting ulang 'All the Money World' menyusul salah satu aktornya, Kevin Spacey, terseret kasus pelecehan seksual. Kevin digantikan oleh aktor senior Christopher Plummer. Syuting ulang tersebut memakan biaya produksi sebesar US$ 10 juta.

Kepada USA Today Desember lalu, Ridley mengaku para aktor tidak dibayar untuk syuting ulang tersebut. "Mereka melakukannya secara sukarela. Kecuali Christopher," ungkap Ridley saat mempromosikan film tersebut.

Namun rupanya, agen Mark melakukan negosiasi demi mengantongi bayaran tambahan. Diketahui Mark dan Michelle berada di bawah naungan agen yang sama, yakni William Morris Endeavor. Biasanya di Hollywood, agen, manajer, dan kuasa hukum mendapat bagian 10 persen dari upah kliennya.

Michelle Williams saat bersama Jessica Chastain (tengah) di after party Golden Globes 2018.Michelle Williams saat bersama Jessica Chastain (tengah) di after party Golden Globes 2018. (Foto: Getty Images)

Kabar tersebut tentu saja menuai protes di kalangan aktris, termasuk nomine Oscar Jessica Chastain. "Michelle adalah aktris brilian, nomine Oscar dan pemenang Golden Globes. Sudah 20 tahun dia eksis di industri ini. Dia layak mendapatkan bayaran lebih dari 1 persen dibanding pria yang jadi lawan mainnya," kicau Jessica di Twitter baru-baru ini.

Dalam kariernya di dunia seni peran, Michelle Williams sudah mengantongi empat nominasi oscar. Sementara itu, Mark Wahlberg baru dua kali masuk nominasi ajang bergengsi tersebut. Berkat perannya di film 'All the Money World', mantan kekasih mendiang aktor Heath Ledger itu bahkan mendapat nominasi aktris terbaik film drama. Tapi tak ada nominasi untuk Mark Wahlberg.

Tahun lalu, Mark Wahlberg berada di posisi pertama daftar aktor dengan bayaran tertinggi versi Forbes. Untuk 2017 saja, pemasukan pria 46 tahun itu mencapai US$ 68 juta sebelum dipotong pajak. Ia mengalahkan The Rock, Tom Cruise, dan Tom Hanks. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177