Rabu, 10/01/2018 09:14 WIB

The Weeknd Hentikan Kolaborasi dengan H&M Lantaran Iklan Rasis

dng - wolipop
The Weeknd Hentikan Kolaborasi dengan H&M Lantaran Iklan Rasis Foto: Kevork Djansezian/Getty Images
London - Foto katalog H&M yang dituding rasis turut membuat penyanyi The Weeknd geram. Ia pun memutuskan untuk mengakhiri kolaborasinya dengan raksasa fashion asal Swedia tersebut.

Foto kontroversial tersebut menampilkan bocah lelaki berkulit hitam yang mengenakan jaket hijau dari koleksi terbaru H&M. Pada bagian depan jaket tersebut tertulis, "Coolest Monkey in the Jungle".

The Weeknd Hentikan Kolaborasi dengan H&M Lantaran Iklan RasisFoto: Dok. H&M


"Bangun di pagi hari, kaget dan malu karena foto ini. Aku sangat tersinggung dan tak mau kerja sama lagi dengan @hm," kicau penyanyi bernama lahir Abel Tesfaye itu dengan menyertakan foto tersebut di Twitter.

Selain sebagai wajah H&M, The Weeknd juga sudah dua kali meluncurkan koleksi kolaborasinya dengan brand high-street tersebut. Ia juga pernah tampil di fashion show H&M koleksi Spring 2017. Kendati begitu, tidak diketahui secara pasti berapa lama kolaborasi tersebut berlangsung.




Banyak netizen yang menilai, keputusan H&M untuk menampilkan anak berkulit gelap dan memakai hoodie dengan tulisan tersebut sangatlah tak pantas dan menyinggung.

Netizen lain membandingkan foto anak berhoodie hijau itu dengan foto lainnya. Sebuah foto memperlihatkan anak kulit putih mengenakan hoodie model sama, hanya saja berwarna kuning mustard dengan tulisan 'MANGROVE JUNGLE SURVIVAL EXPERT'.

The Weeknd Hentikan Kolaborasi dengan H&M Lantaran Iklan RasisFoto: Dok. H&M


"@hm this is inappropriate, offensive, and racist. Why is the white kid "a jungle survivor" and the black kid the "coolest monkey in the jungle"? How do you think this is okay? REMOVE this and the clothing piece. This is completely distasteful! #racist #hm," tulis netizen tersebut.

Foto kontroversial itu telah dihapus dari website H&M UK. Namun, produknya masih dijual dan bisa dibeli secara online.

"Foto terkait kini sudah dihapus dari semua saluran H&M dan kami minta maaf kepada semua yang mungkin tersinggung," demikian pernyataan H&M.


(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177