Rabu, 10/01/2018 07:28 WIB

10 Kemampuan Kerja Wajib Punya Agar Siap Saing di 2020

Rahmi Anjani - wolipop
10 Kemampuan Kerja Wajib Punya Agar Siap Saing di 2020 Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebelumnya, para pakar memperkirakan jika persaingan kerja akan lebih ketat di tahun 2020. Persaingan pun bukan hanya dengan sesama tenaga kerja namun mesin dan komputer. Karenanya, para profesional disarankan untuk meningkatkan kemampuan agar bisa bersaing dan lebih sukses dua tahun mendatang.

Riset pun dilakukan World Economic Forum (WEF) untuk melihat kemampuan apa yang paling dibutuhkan perusahaan di tahun 2020. Penelitian tersebut dilakukan kepada 350 profesional eksekutif di sembilan industri. Berikut sepuluh kemampuan kerja yang perlu Anda miliki tersebut:

1. Pemecahan Masalah Kompleks
Teknologi bisa membuat hidup lebih mudah namun bisa juga menyulitkan, terutama bagi yang mengembangkannya. Untuk bisa bersaing dengan mesin, komputer, dan intelegensi buatan di 2020, Anda pun harus bisa memecahkan masalah kompleks yang ditimbulkannya. Dikatakan jika 36% pekerjaan di 2020 membutuhkan kemampuan tersebut.

2. Pemikirian Kritis
Dibutuhkan pula orang-orang yang bisa berpikir kritis. Dikatakan jika perusahaan perlu SDM (Sumber Daya Manusia) yang bisa menggunakan mesin dengan kritis yakni dapat memakai juga bisa mengevaluasi. Dengan begitu diharapkan fungsi mesin bisa lebih menguntungkan perusahaan.

3. Kreativitas
Dunia juga akan semakin memerlukan ide-ide kreatif. Penelitian di 2015 menyebutkan jika kreativitas menjadi kemampuan wajib punya ke-10. Namun dalam lima tahun, peringkatnya hingga ke tiga besar berkat hadirnya teknologi yang semakin baru dan canggih.

4. Manajemen SDM
Bukan hanya mengolah mesin dan komputer, kemampuan dengan sesama manusia juga dibutuhkan di 2020. Hasil riset menunjukkan jika perusahaan butuh pekerja yang bisa memotivasi orang lain hingga mengembangkan talenta mereka. Kemampuan ini paling dibutuhkan oleh manajer di industri media dan energi.

5. Koordinasi
Orang yang bisa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik banyak diperlukan perusahaan di 2020. Kemampuan bersosialisasi dibutuhkan karena memudahkan kolaborasi yang diharapkan bakal menghasilkan keuntungan lebih.

6. Intelegensi Emosi
Meski industri kerja banyak melibatkan mesin, kemampuan mengolah emosi tetap dibutuhkan. Di 2020, perusahaan akan memilih orang-orang yang dapat mengatur emosinya sendiri dan mengerti pula perasaan orang lain.

7. Pembuatan Keputusan
Ke depannya, perusahaan akan semakin banyak mengumpulkan data. Karena itu, diperlukan seseorang dengan kemampuan membuat keputusan yang cepat dan tepat untuk menganalisa dan menggunakan data itu dengan baik. Kemampuan ini terutama dibutuhkan di industri yang bergerak dengan cepat.

8. Orientasi Jasa
Di 2020, profesional pun diharapkan untuk tidak semata-mata hanya peduli dengan pekerjaan. Dibutuhkan juga mereka yang punya orientasi menolong sesama terutama rekan. Orang seperti itu dianggap akan lebih membantu mengembangkan perusahaan.

9. Negosiasi
Kemampuan bernegosiasi dikatakan akan sangat dibutuhkan pada pekerjaan terkait komputer dan matematik. Apalagi untuk mereka yang mengurusi analisis data dan pengembangan software.

10. Fleksibilitas Kognitif
Kognitif yang fleksibel membutuhkan kreativitas, berpikir logis, dan sensitivitas pada masalah. Kemampuan itu juga mengharuskan Anda untuk bisa beradaptasi terhadap cara berkomunikasi pada orang lain. Perusahaan ingin Anda bisa menyesuaikan cara komunikasi pada karakteristik orang yang berbeda agar pesannya sampai. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177