Selasa, 09/01/2018 10:40 WIB

Golden Globes 2018

Kutipan Inspiratif dari Pidato Oprah di Golden Globes Bagi Perempuan Muda

Daniel Ngantung - wolipop
Kutipan Inspiratif dari Pidato Oprah di Golden Globes Bagi Perempuan Muda Foto: Getty Images
Beverly Hills - Aktris dan presenter Oprah Winfrey mengukir sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang dianugerahi Cecil B. DeMille Award dalam sejarah Golden Globe Awards. Ia lantas memanfaatkan momen kemenangannya untuk memotivasi para perempuan muda sekaligus menegakkan keadilan bagi para korban pelecehan seksual.

Oprah menerima penghargaan seumur hidup itu dalam malam penghargaan Golden Globe Awards ke-75 yang berlangsung di Beverly Hilton, Minggu (7/1//2018). Dalam pidato kemenangannya yang begitu inspiratif, perempuan 63 tahun itu mengungkapkan tak pernah menyangka bakal mendapat penghargaan tersebut.

Kutipan Inspiratif dari Pidato Oprah di Golden Globes Bagi Perempuan MudaOprah Winfrey menerima penghargaan seumur hidup Cecil B. DeMille di Golden Globe Awards 2018. (Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images)

Ia teringat momen ketika menyaksikan aktris Anne Bancrof dari TV mengumumkan pemenang kategori aktor terbaik dalam ajang Oscars 1964 silam. Piala Oscar itu jatuh ke tangan Sidney Poitier, aktor kulit hitam pertama yang memenangkan kategori bergengsi tersebut.

"Berulang kali aku mencoba memahami bagaimana momen tersebut bisa begitu bermakna bagi gadis kecil yang menyaksikan dari sofa murahan, ketika ibuku kelelahan setelah bekerja seharian membersihkan rumah orang lain," kenang Oprah.

Kutipan Inspiratif dari Pidato Oprah di Golden Globes Bagi Perempuan Muda(Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images)

Baginya, kemenangannya ini membuktikan siapa saja, tanpa terkecuali perempuan, mampu meraih impiannya. Dan aktris nomine Oscar ini pun mendedikasikan penghargaan tersebut bagi para perempuan muda sebagai motivasi untuk menjadi yang mereka inginkan.

"Ada banyak anak-anak perempuan yang mungkin sedang menyaksikanku menjadi perempuan kulit hitam pertama yang mendapatkan penghargaan ini. Adalah sebuah kehormatan untuk berbagi penghargaan ini dengan mereka," ujar Oprah yang anggun dalam balutan gaun hitam Versace.

Terhitung sejak penghargaan ini pertama kali diberikan pada 1952 silam, hanya ada 15 perempuan yang meraihnya. Aktris Jodie Foster, Sophia Lauren, Meryl Streep, dan Barbra Streisand adalah beberapa di antaranya.

Golden Globes tahun ini digelar di tengah kemelut skandal pelecehan seksual dan kesenjangan upah di lingkaran Hollywood yang menimbulkan gerakan Me Too dan Time's Up. Isu tersebut pun diungkit Oprah dalam pidatonya.

"Sudah terlalu lama keberanian perempuan tidak didengarkan dan diabaikan keberaniannya untuk berbicara jujur demi mengungkap tabiat para pria (pelaku pelecehan). Namun, waktunya sudah habis (time's up)," tegas Oprah yang langsung disambut standing ovation meriah para tamu.

Kutipan Inspiratif dari Pidato Oprah di Golden Globes Bagi Perempuan MudaOprah Winfrey saat mendapat standing ovation dari para tamu di Golden Globe Awards 2018. (Foto: Getty Images)

Ia lantas mengapresiasi para korban yang akhirnya berani untuk berbicara sampai akhirnya tersingkaplah kejahatan-kejahatan para predator seksual tersebut. "Apa yang aku sangat yakini adalah mengutarakan dirimu yang sebenarnya adalah alat kita yang paling ampuh," ungkap Oprah yang pernah tercatat sebagai perempuan terkaya di dunia oleh Forbes itu.

"Aku mau para perempuan yang menyaksikan sekarang tahu bahwa hari yang baru telah tiba! Dan ketika hari itu dilalui, semuanya karena para perempuan hebat, yang di antaranya ada di ruangan ini, dan beberapa pria fenomenal, yang berjuang dengan keras untuk memastikan perempuan menjadi pemimpin yang membawa kita ke tempat di mana tidak ada lagi yang mengatakan 'Me too'," ujar Oprah.

Kutipan Inspiratif dari Pidato Oprah di Golden Globes Bagi Perempuan MudaFoto: Getty Images


(dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com