Sabtu, 06/01/2018 11:46 WIB

Terungkap Rahasia Bugar Mooryati Soedibyo di Usia 90

Daniel Ngantung - wolipop
Terungkap Rahasia Bugar Mooryati Soedibyo di Usia 90 Foto: Dok. Yayasan Puteri Indonesia
Jakarta - Pendiri Mustika Ratu B.R.A. Mooryati Soedibyo genap berusia 90 tahun, Jumat (5/1/2018). Meski usianya hampir seabad, Mooryati masih tetap terlihat bugar. Apa rahasianya?

Menurut anak kedua Mooryati, Putri K. Wardani, rutin mengonsumsi jamu menjadi rahasia sehat ibunya.

"Bu Moor rajin minum jamu beras kencur tiga kali sehari. Lalu, makan kolang kaling untuk memperkuat bantalan tulangnya," ungkap Putri yang ditemui selepas perayaan ulangtahun ibunya di Four Seasons Hotel Jakarta semalam.

Olahraga pun masih dilakoninya. Sesekali dalam seminggu, ia melakukan yoga ringan yang disesuaikan dengan usianya.

Untuk makanan, Putri mengatakan, ibunya tak memiliki pantangan tertentu. Bahkan, Mooryati masih suka mengonsumsi durian dan daging kambing. Hanya saja, tidak dikonsumsi secara berlebihan.

"Kalau makan, Ibu mengikuti falsafah Jawa. Berhenti makan sebelum kenyang," kata Putri.

Malam itu, Putri bersama keluarga intinya kompak mengenakan kebaya ungu yang adalah warna favorit sang ibu. Perayaan ulang tahun Mooryati sendiri berlangsung meriah.

Acara tersebut turut dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sejumlah menteri.

"Ini sebetulnya persembahan kami dari anak dan cucu untuk ibu tercinta. Tapi karena naluri pemimpinnya tetap ada, Ibu jadi turut campur tangan juga dalam persiapannya," kata Putri.

Dikenal sebagai pendiri perusahaan kosmetik Mustika Ratu dan pegiat jamu, Mooryati juga sempat terpanggil untuk mengabdi di jajaran pemerintahan. Pada 2004, ia terpilih menjadi anggota DPD dari Provinsi DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua MPR RI. (dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177