Rabu, 03/01/2018 07:03 WIB

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi Efektif Nggak Sih? Ini Kata Dokter

Hestianingsih - wolipop
Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi Efektif Nggak Sih? Ini Kata Dokter Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernah coba menghilangkan jerawat dengan pasta gigi? Mungkin beberapa dari Anda pernah mencobanya.

Mengoleskan pasta gigi ke jerawat yang sedang 'matang-matangnya' memang telah lama dipercaya sebagai cara alternatif yang efektif mengeringkan dan mengempiskan jerawat. Tapi apa kata dermatologist?

Mengoleskan sedikit pasta gigi mungkin bisa membantu menghilangkan satu jerawat yang memerah dan meradang. Tapi menurut dokter kulit Kenneth Howe, M.D., pasta gigi ya sebaiknya hanya digunakan untuk menyikat gigi.

"(Pasta gigi) akan membuat kulit yang disentuhnya jadi kering," kata Kenneth, seperti dikutip dari Women's Health.

Dokter kulit dari Wexler Dermatology ini melanjutkan, "Ingat: kulit yang rentan berjerawat akan langsung bereaksi jika terjadi kekeringan dan iritasi dengan lebih banyak jerawat tumbuh."

Maksud hati menyingkirkan satu jerawat saja, Anda justru akan mendapatkan 2-3 jerawat baru.

Jika ingin mengatasi jerawat meradang dengan cara sederhana, Anda bisa mencoba aspirin. Obat penghilang rasa sakit dan nyeri ini mengandung sedikit salycilic acid, bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit berjerawat. Kombinasi aspirin dan air hangat efektif menenangkan jerawat yang meradang.

"Kandungan salicylic acid dalam aspiring memang tidak bisa mengurangi minyak berlebih di kulit seperti hal nya kirm-krim jerawat, tapi masih bisa digunakan untuk membantu merawat kulit berjerawat," kata dermatologist Joshua Zeichner, M.D.

Haluskan sebutir aspirin, lalu tambahkan air hangat hingga bertekstur seperti pasta. Totolkan pasta aspirin tersebut ke area yang berjerawat, lalu diamkan semalaman. Ulangi cara ini sampai jerawat mengering dan radangnya berkurang.

Aspirin sebaiknya hanya digunakan ketika jerawat meradang dan tidak disarankan untuk perawatan jangka panjang. Mungkin tidak seefektif obat jerawat pada umumnya, tapi bisa jadi alternatif jika Anda sudah kehabisan perawatan jerawat yang sehari-hari dipakai.

Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, Anda bisa mengombinasikannya dengan es batu. Menurut dermatologist Marnie Nussbaum, M.D., es batu bisa membantu mengurangi peradangan sekaligus mendinginkan area kulit yang berjerawat.

"Bungkus es batu menggunakan kertas tisu lalu tempelkan pada kulit untuk mengurangi bengkak dan radang juga kemerahan," saran Marnie.

Es batu berfungsi sebagaivasokonstriktor; mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi suplai darah ke area yang berjerawat dan peradangan bisa diatasi. TapiMarnie mengingatkan untuk mengaplikasikan es batu hanya pada area yang berjerawat dan jangan terlalu lama, cukup beberapa menit. Es batu justru akan membuat kulit makin kering dan memperparah peradangan jika didiamkan pada kulit terlalu lama.
(hst/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177