Sabtu, 30/12/2017 15:00 WIB

Ketika Steve Jobs Dipakai Jadi Brand Busana di Italia

Hestianingsih - wolipop
Ketika Steve Jobs Dipakai Jadi Brand Busana di Italia Foto: dok. Steve Jobs
Jakarta - Orang mengenal Steve Jobs sebagai salah satu pendiri Apple. Nyatanya, Steve Jobs ternyata juga sebuah merek dagang di Italia.

Adalah dua bersaudara Vincenzo dan Giacomo Barbato, yang menggunakan Steve Jobs sebagai merek baju dari perusahaan jeans yang mereka pimpin, Italian Jobs.

Steve Jobs merupakan brand fashion yang menjual jeans, sneakers, T-shirt dan berbagai jenis pakaian lainnya. Seperti dikutip dari nNew York Daily News, Vincenzo dan Giacamo menggunakan merek Steve Jobs untuk produk-produk fashion-nya sejak 2012.

Ketika Steve Jobs Dipakai Jadi Brand Busana di ItaliaFoto: dok. Steve Jobs


Memakai nama seorang tokoh teknologi ternama dunia bukannya tidak tanpa masalah. Pihak Apple telah membawa persoalan Steve Jobs ke pengadilan sejak brand itu berdiri.

Namun Barbato bersaudara juga tidak mau kalah. Mereka mengklaim kalau Steve Jobs tidak pernah didaftarkan sebagai merek dagang, sehingga sah-sah saja jika mereka ingin memakainya sebagai nama brand.

Setelah lima tahun, pengadilan akhirnya memutuskan Steve Jobs legal dipakai sebagai nama merek pakaian. Logo 'J' dengan gambar daun dan celong pada brand Steve Jobs juga sempat dipermasalahkan Apple yang mengklaim sangat mirip dengan logo buah apel yang memiliki bekas gigitan.

Tapi menurut Barbato bersaudara, huruf 'J' bukanlah buah atau benda yang bisa dimakan. Sehingga tanda celong pada huruf 'J' tersebut tidak bisa dikatakan sebagai bekas gigitan. European Union Intellectual Property Office pun setuju dan memutuskan logo tersebut bisa dipakai.

Steve Jobs memiliki berbagai lini. Salah satu di antaranya Steve Jobs Denim, dengan tag berwarna merah di bagian pinggang sebagai trademark brand tersebut.

DilansirFortune, menciptakan perusahaan pakaian dan memakai nama seseorang atau sesuatu sebagai bentuk penghormatan rupanya sudah jadi hal lumrah di Italia. Di sana juga adabrand pakaian bernamaFranklin &Marshall, yang mana diPennsylvania, Amerika Serikat, merupakan nama sebuah kampus seni.
(hst/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com