Kamis, 28/12/2017 16:41 WIB

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir Tahun

Hestianingsih - wolipop
Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir Tahun Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Kamu berencana liburan akhir tahun? Mungkin beberapa dari kamu sudah merencanakannya sejak jauh-jauh hari bahkan setahun sebelumnya. Ada pula yang baru mengaturnya untuk bepergian di awal tahun baru.

Apapun dan kapan pun kamu akan menghabiskan waktu liburan, ini tips traveling nyaman dan bebas stres sebelum dan saat perjalanan yang wajib diikuti:

1. Pilih Keberangkatan di Hari Libur

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: BBC Magazine

Hampir semua orang punya pemikiran yang sama, yaitu bisa menghabiskan waktu liburan selama mungkin. Kebanyakan dari mereka pun memilih berangkat dua hari atau sehari sebelum tanggal libur resmi yang ditentukan pemerintah. Akibatnya jumlah orang di bandara maupun stasiun kereta api pun membludak dan jadi berdesak-desakan. Hanya karena ingin dapat jatah libur lebih lama, lalu perjalanan jadi kurang menyenangkan? Maka ada baiknya jika kamu memilih keberangkatan tepat saat tanggal libur atau sehari setelahnya karena biasanya tidak terlalu ramai dan orang-orangnya pun lebih santai.

2. Penuhi Baterai Gadget

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: dikhy sasra

Tablet, komputer, smartphone, kamera digital, semua alat yang perlu di-charge harus sudah penuh daya baterainya sebelum bepergian. Gadget cukup diperlukan untuk membunuh waktu dalam perjalanan agar tidak bosan, terutama jika kamu traveling ke luar negeri. Terlebih lagi apabila berlibur ke negara empat musim, di akhir tahun cuacanya cenderung ekstrem sehingga tidak menutup kemungkinan pesawat delay akibat kondisi alam yang kurang mendukung. Bawa juga charger portable agar bisa mengisi ulang baterai di manapun.

3. Bersihkan Cookies

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: GettyImages

Menurut Johnny Jet, seorang pakar traveling, perusahaan penerbangan kini bisa mengecek seberapa sering kamu mengunjungi website mereka dan memasang harga tiket yang bisa saja berbeda. Saran dari Johnny bersihkan cookies kamu secara berkala agar terlacak sebagai pelanggan baru di, sehingga bisa mendapatkan harga tiket yang lebih bersaing.

4. Berkemas

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: Thinkstock

Salah satu aktivitas terpenting saat bepergian, tapi sekaligus menantang. Terlebih lagi jika akan berlibur dalam waktu lama, kamu harus memutar otak bagaimana caranya memasukkan banyak barang ke dalam koper. Tips mudahnya, kemas pakaian kamu dengan cara digulung baik itu jeans, kemeja atau T-shirt. Menggulung pakaian akan sangat menghemat ruang di dalam koper. Agar lebih hemat lagi, kamu bisa memasukkan kaos kaki atau benda-benda kecil lainnya ke dalam sepatu.

5. Bawaan Ringan

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: (Thinkstock)

Setelah tahu caranya berkemas untuk menghemat ruang, giliran tips agar barang bawaan di koper lebih ringan. Bawalah benda yang benar-benar diperlukan dan digunakan saat bepergian. Buat daftar berapa lama kamu liburan dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama berada di sana. Dengan begitu kamu bisa membayangkan apa saja yang diperlukan.

6. Pakai Poin Kartu Kredit

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: Ari Saputra

Memiliki kartu kredit bisa menguntungkan saat kamu membeli tiket penerbangan atau booking hotel secara online. Gunakan kartu kredit yang bisa memberikan banyak poin dari apa yang sudah kamu belanjakan. Poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan diskon atau penawaran menarik lainnya yang bisa menghemat biaya traveling.

Bagi kamu yang mau liburan ke luar negeri juga jangan lupa membawa kartu kredit untuk memudahkan pembayaran. Produk kartu kredit baru dari Bank Mega yakni Mega Travel Card, mengklaim dapat memberi nilai tukar yang menguntungkan.Bahkan, jika ada bank yang memberikan nilai tukar lebih murah, Bank Mega bersedia mengganti selisihnya. Selain itu, semakin sering bertransaksi dengan Mega Travel Card maka mileage point yang dimiliki akan semakin banyak.

Setiap transaksi Rp7.500 akan mendapatkan 1 mileage point. Transaksi di luar negeri mendapatkan 1 point, sementara transaksi di dalam negeri mendapatkan 2 point. Informasi mengenai Mega Travel Card, bisa diketahui lebih lanjut melalui situs resmi www.bankmega.com.

7. Masker Mata dan Penutup Telinga

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: Getty Images

Masker mata berguna agar kamu lebih nyaman saat tidur, karena lampu di kabin pesawat bisa jadi sangat terang. Sementara penutup telinga bisa menghindarkan dari suara-suara bising atau orang yang berbicara di samping kamu yang mungkin bisa mengganggu waktu tidur. Jika hanya bepergian ke Singapura atau Thailand mungkin dua benda ini tidak terlalu diperlukan. Tapi bisa jadi sangat penting ketika kamu bepergian lebih dari enam jam di pesawat.

8. Pakai Aksesori Penghangat Tubuh

Tips Traveling Nyaman Saat Liburan Panjang di Akhir TahunFoto: Instagram

Temperatur udara akan menjadi sangat dingin saat kamu berada di ketinggian 30 ribu kaki dari permukaan tanah. Jangan lupa kenakan kaos kaki tebal, lebih baik yang terbuat dari wool untuk menjaga kaki tetap hangat. Menggigil selama penerbangan tentunya akan membuat Anda tidak nyaman dan sulit menikmati perjalanan.

Bawa juga syal tebal atau selimut kecil ke dalam kabin pesawat. Kecuali kelas bisnis dan eksekutif, perusahaan penerbangan umumnya jarang menyediakan selimut di dalam pesawat. Syal dan selimut berfungsi menjaga tubuh tetap hangat. Lingkarkan syal di area leher atau selimut pada tubuh bagian atas. Selimut dan syal juga bisa jadi alternatif penyanggah kepala atau pengganti bantal.


(eny/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com