Kamis, 28/12/2017 15:52 WIB

Lagi, Ivanka Trump Disebut Aji Mumpung Promosikan Bisnis Fashionnya

Daniel Ngantung - wolipop
Lagi, Ivanka Trump Disebut Aji Mumpung Promosikan Bisnis Fashionnya Foto: Getty Images
Washington D.C. - Sejak resmi menjadi penasihat Presiden AS Donald Trump, yang kebetulan juga ayahnya, Ivanka Trump berjanji tak akan memanfaatkan posisi tersebut untuk mempromosikan bisnis modenya. Namun kenyataan justru berkata sebaliknya, setidaknya demikian menurut Wall Street Journal.

Harian bisnis AS itu membuktikan adanya praktik 'aji mumpung' sang putri kesayangan Trump dalam artikel investigatif bertajuk "How Ivanka Trump Is a Walking Billboard for Her Namesake Fashion Business" atau "Bagaimana Ivanka Trump Menjadi Papan Reklame Berjalan untuk Keuntungan Bisnis Fashionnya".

Ivanka Trump, penasihat sekaligus putri Presiden AS Donald Trump.  Ivanka Trump, penasihat sekaligus putri Presiden AS Donald Trump. (Foto: Getty Images)

Adapun bukti tersebut berdasarkan unggahan-unggahan Ivanka Trump di akun media sosialnya dalam enam bulan terakhir. Diketahui, 68 persen unggahan itu menampilkan Ivanka dalam balutan setidaknya satu busana dari brand fashionnya.

Salah satunya adalah dress berwarna pink yang Ivanka pakai saat bertemu para petinggi raksasa teknologi AS di Gedung Putih, Washington D.C., Juni 2017 lalu. Terusan yang dipercantik dengan detail ruffle di kedua lengan tersebut dibanderol seharga US$ 138 atau sekitar Rp 1,9 juta.

A post shared by Ivanka Trump (@ivankatrump) on Jun 22, 2017 at 3:20pm PDT




Ivanka Trump memang sudah menyerahkan segala urusan yang berkaitan dengan bisnis fashionnya kepada orang kepercayaannya sejak secara sukarela mengabdi kepada ayahnya. Ia memang tidak dibayar untuk jabatan penasihat presiden itu.

Sebuah laporan yang dirilis Juli lalu menunjukkan brand fashion Ivanka Trump sukses mencetak keuntungan senilai jutaan dolar. Sebuah butik baru juga dibuka di Trump Tower, New York City, baru-baru ini.

Wall Street Journal lalu menyamakan situasi tersebut dengan penjualan pakaian yang pernah dipakai oleh Michelle Obama. Dari hasil sebuah riset yang dikutip, terbukti busana tersebut selalu laris-manis terjual setelah Michelle memakainya.

Ivanka Trump dalam pernyataan resminya menampik tudingan tersebut. "Jika motivasi saya adalah mencari keuntungan, pastinya saya memilih tinggal di New York dan langsung melakukannya," kata istri Jared Kushner itu.

Lagi, Ivanka Trump Disebut Aji Mumpung Promosikan Bisnis FashionnyaFoto: Reuters/ Mike Segar


Jurubicara perusahaan Ivanka Trump juga menegaskan, bahwa tidak pernah ada permintaan khusus dari ibu tiga anak itu untuk menyediakan pakaian. Begitu pula sebaliknya, perusahaan tidak pernah meminta Ivanka Trump untuk menggunakan media sosialnya sebagai sarana promosi.

Pada November 2016, Ivanka pernah dikritik lantaran perusahaan mempromosikan gelang yang dipakai dalam sebuah sesi wawancara menyusul kemenangan ayahnya atas sang rival, Hillary Clinton, di pemilihan presiden AS

Dalam keterangan pers yang disebarkan oleh lini Ivanka Trump Fine Jewelry, tertulis, "Ivanka Trump memakai gelang favoritnya dari Metropolis Collection di acara 60 Minutes." Banyak pakar menilai, tindakan tersebut telah melanggar kode etik negara. (dtg/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com