Senin, 25/12/2017 07:32 WIB

Trik Tetap Makan Sehat Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Arina Yulistara - wolipop
Trik Tetap Makan Sehat Selama Libur Natal dan Tahun Baru Foto: iStock
Jakarta - Banyak orang mengambil cuti untuk beristirahat selama libur Natal dan Tahun Baru. Ketika musim libur, beberapa wanita tak bisa mengontrol makanan mereka yang menyebabkan berat badan naik setelah liburan usai. Tak hanya itu, makanan yang dikonsumsi juga kurang dijaga.

Aneka makanan yang digoreng dan manis-manis menjadi menu utama yang dicari ketika liburan. Makanan tidak sehat dengan sedikit nutrisi diketahui merupakan salah satu penyebab stres dan depresi. Hal itu disebutkan dalam studi terkini yang dimuat di The British Journal of Psychiatry. Para pakar epidemiologi Inggris dan Prancis telah melakukan analisis makanan dan mood 3.486 partisipan pria dan wanita.

"Terdapat hubungan yang erat antara jenis makanan dengan gejala depresi. Partisipan yang sering mengonsumsi makanan olahan atau makanan junk food cenderung mengalami gejala stres dan depresi dibanding partisipan yang mengonsumsi makanan alami," ujar salah satu peneliti, Tasnime Akbaraly.

Oleh karena itu kurangi mengonsumsinya secara berlebihan walaupun di hari libur. Berikut trik tetap makan sehat agar timbangan tidak naik dan mengontrol makanan selama musim libur.

1. Selalu Sediakan Salad Sayur
Sediakan salad sayur untuk makan siang. Salad sayur dapat mengenyangkan. Anda bisa mengganti sayur yang dibuat menjadi salad. Tak harus banyak, buat secukupnya saja. Kandungan air di dalam sayuran membuat Anda tetap terhidrasi dan menyingkirkan rasa mual karena makanan.

Selain itu sayuran juga kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan membuang racun-racun lewat kotoran. Kandungan nutrisi dalam sayuran bisa langsung digunakan tubuh untuk melaksanakan fungsi organ sehingga kinerja tubuh lebih ringan.

2. Jangan Sampai Kelaparan
Menurut ahli nutrisi, ketika perut terlalu kelaparan secara otomatis Anda ingin mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, minyak, serta manis. Oleh karena itu jangan sampai biarkan perut kelaparan. Anda bisa menyiasatinya dengan menyediakan camilan sore hari.

Camilan sore juga mencegah Anda makan berlebihan di malam harinya. Segenggam almond panggang, rujak, biskuit gandum atau buah kering. Namun tetap batasi porsinya, jangan terlalu banyak.

3. Masak Sendiri
Tidak menutup kemungkinan Anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak pada pagi hari selama musim libur. Oleh karena itu usahakan buat makanan sendiri setidaknya untuk makan malam.

Niatkan untuk mengolah makanan dengan cara yang sehat. Anda bisa mengolah dada ayam tanpa kulit yang dipanggang, merebus kentang, serta masak nasi merah dan tumis sayuran. Makanan yang dimasak sendiri lebih sehat daripada beli di luar. (aln/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com