Kamis, 14/12/2017 10:05 WIB

Rinaldy A. Yunardi Olah Tali Rafia Jadi Aksesori Dramatis di Equilibrium

Daniel Ngantung - wolipop
Rinaldy A. Yunardi Olah Tali Rafia Jadi Aksesori Dramatis di Equilibrium Foto: Moh abduh/Wolipop
Jakarta - Rabu (13/12/2017) menjadi hari spesial bagi perancang aksesori ternama Rinaldy A. Yunardi. Di hari itu, Yungyung, begitu sapaan akrabnya, berulang tahun sekaligus menggelar peragaan tunggalnya yang bertajuk 'Equilibrium'.

'Equilibrium' yang merupakan buah kolaborasi Rinaldy dengan produsen minuman Absolut Elyx menjadi peragaan tunggal ketiganya.

Sudah lama Rinaldy menanti-nantikannya. Wajar saja, terakhir ia menggelar peragaan tunggal sekitar 15 tahun silam. Adapun peragaan pertamanya dihelat pada 2000 lalu.

Dalam jeda yang panjang itu, Rinaldy fokus berkarya untuk mendukung peragaan teman-temannya sesama desainer sehingga sulit mencari waktu untuk berkonsentrasi membuat peragaan tunggal.
Rinaldy A. Yunardi Olah Tali Rafia Jadi Aksesori Dramatis di Equilibrium Foto: Moh abduh/Wolipop

Semakin sibuk pula lantaran tahun ini ia banyak menerima pesanan aksesori bagi para selebriti, tak hanya lokal, tapi juga internasional. Sebut saja, Nicki Minaj, Paris Hilton, Mariah Carey sampai Katy Perry.

"Tahun ini benar-benar padat, tapi menurut sudah saatnya untuk menggelar peragaan tunggal dan harus diniatkan," kata Rinaldy jelang peragaan di Grand Ball Room Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan.

'Equilibrium' sendiri menceritakan tentang keseimbangan dalam kehidupan. Menurut Rinaldy, sejatinya Tuhan menciptakan segala sesuatu berimbang. Namun belakangan alam semesta kehilangan keseimbangannya sehingga memicu bencana di sana-sini.

"Ijinkan saya sebagai desainer membawa pesan bahwa tetap ada harapan di tengah ketidakseimbangan itu," kata Rinaldy yang butuh waktu setahun untuk menyiapkan perhelatan ini.
Rinaldy A. Yunardi Olah Tali Rafia Jadi Aksesori Dramatis di Equilibrium Foto: Moh abduh/Wolipop

Ada 47 couture look atau tampilan adibusana yang ia suguhkan. Menariknya, di samping hiasan kepala dan aksesori, semua busana yang membungkus tubuh para model pun merupakan rancangan Rinaldy. Semuanya terbagi ke dalam lima sekuens berdasarkan unsur-unsur alam semesta, yakni air, api, angin, tanah, dan besi.

'Equilibrium' sekali lagi membuktikan craftmanship serta kreativitas yang tinggi dari seorang Rinaldy A. Yunardi. Kemampuan Rinaldy dalam 'menyulap'
material-material sederhana menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi juga diperlihatkan di sini.

Misalnya dalam sekuens besi, desainer yang telah 22 tahun berkarya itu menghadirkan pilihan gaun dan aksesori serba hitam dengan desain dramatis yang terbuat dari tali rafia. Bahkan pada sekuen pertama yang mewakili tanah, Rinaldy memanfaatkan jerami sebagai material utama.

Merampung peragaan spektakuler malam itu, penampilan spesial dari diva-diva kenamaan Indonesia. Krisdayanti, Andien, Syahrini, Titi DJ, dan Rossa menembangkan 'Hara', lagu yang diciptakan khusus oleh Melly Goeslaw dan Anto Hoed untuk Rinaldy. "Bukan tentang cinta, tapi elemen hidup," kata Rinaldy soal lagu tersebut. (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177