Senin, 11/12/2017 07:12 WIB

Jangan Lakukan 1 Hal Ini Saat Pasangan Sedang Ada Masalah Pribadi

Alissa Safiera - wolipop
Jangan Lakukan 1 Hal Ini Saat Pasangan Sedang Ada Masalah Pribadi Foto: Thinkstock
Jakarta - Ketika hubungan dengan pasangan sudah semakin intim, Anda mungkin merasa perlu membicarakan tentang segala hal dengannya, entah itu senang ataupun sedih. Tapi kadang, bicara bukan jawaban atas segala hal, khususnya dalam menghadapi pasangan yang sedang memiliki masalah besar.

Menurut ahli hubungan dan penulis buku, Jane Greer, Ph.D., yang berbasis di New York, membiarkan pasangan diam saat ada masalah berat justru jadi solusi paling baik dibanding memaksanya bicara. Bagi sebagian orang, bicara tentang perasaan atau masalahnya justru menunjukkan kelemahan dan kerentanan.

"Bicara bukannya membuat mereka lebih baik, malah merasa insecure atau tertekan bila mereka tidak bisa mencari jalan keluar atas masalahnya," ujar Jane.

Tiap orang memiliki cara sendiri mengatasi kesedihan atau stres. Ada yang menyendiri, menghabiskan waktu dengan sahabat, orangtua atau lainnya. Jadi ketika pasangan memaksanya dengan kata-kata seperti, "Ayolah cerita padaku," atau "mungkin aku bisa bantu," sebenarnya intensinya baik, namun itu adalah hal egois.

Bagi pasangan, mereka juga bisa menilai Anda tidak menghargai kebutuhannya untuk menghabiskan waktu sendiri. Tak apa menanyakannya, namun jika jawabannya 'tidak' jangan pernah membahasnya lagi kecuali atas keinginannya sendiri.

Meski begitu, bukan berarti Anda tak dapat melakukan apapun. Anda tetap bisa mendukungnya dengan cara lain, misalnya memberi pijatan yang meredakan stres, atau mengiriminya pesan teks yang menyatakan bahwa Anda akan selalu siap saat dibutuhkannya.

(als/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177