Jumat, 08/12/2017 12:01 WIB

Kenali Jenis Kekerasan Finansial dalam Rumah Tangga yang Perlu Wanita Tahu

Anggi Mayasari - wolipop
Kenali Jenis Kekerasan Finansial dalam Rumah Tangga yang Perlu Wanita Tahu Foto: Thinkstock
Jakarta - Kekerasan dalam rumah tangga bukan hanya dalam bentuk tindakan fisik seperti pemukulan saja. Tetapi, ada juga kekerasan dalam urusan keuangan atau finansial yang kerap kali terjadi dalam kehidupan pernikahan. Apa saja bentuk-bentuk kekerasan finansial dalam rumah tangga?

Menurut perencana keuangan, Prita Hapsari Ghozie, kekerasan finansial biasanya bisa berujung pada kekerasan psikis dan verbal yang justru lebih buruk dari kekerasan fisik. Sehingga kekerasan finansial merupakan salah satu hal dalam rumah tangga yang perlu untuk diperhatikan.

Salah satu bentuk kekerasan finansial dalam rumah tangga yang perlu diketahui adalah pasangan tidak memberikan nafkah. Jika kekerasan finansial dalam rumah tangga itu terus-terusan berlanjut maka dapat memicu kerusakan emosional dan psikis yang dalam bagi korbannya.

"Pasangan tidak jujur dalam penggunaan gaji untuk keperluan pribadi. Pasangan berbuat KDRT hanya karena istri dinilai tidak bisa kelola uang," ungkap Prita saat dihubungi Wolipop, Kamis (7/12/2017).

Bentuk-bentuk kekerasan finansial dalam pernikahan ini juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan keretakan hubungan hingga perceraian. Di Indonesia sendiri banyak wanita yang mengalami kasus-kasus kekerasan finansial dalam rumah tangganya.

"Ada, tapi data lengkap tidak punya. Bisa cek ke pengadilan mungkin tentang sebab perceraian," imbuh Prita. (agm/agm)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177