Jumat, 08/12/2017 11:46 WIB

Intimate Interview

Putri Habibie, Cucu B.J. Habibie yang Jadi Juru Masak IRT hingga Selebriti

Arina Yulistara - wolipop
Putri Habibie, Cucu  B.J. Habibie yang Jadi Juru Masak IRT hingga Selebriti Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Cantik dan pintar masak, dua kata itu sepertinya tepat mewakili salah satu cucunya Bacharuddin Jusuf Habibie, Marini Putri Habibie. Wanita dengan sapaan akrab Putri itu kini menjalani bisnis di dunia masak dan sudah pernah dipercaya beberapa selebriti untuk menjadi juru masak mereka. Yuk berkenalan lebih dekat dengan Marini Putri Habibie.

Saat ditemui Wolipop secara eksklusif beberapa waktu lalu, Putri bercerita mengenai bisnis memasaknya. Berawal dari hobi masak sejak kecil, wanita 25 tahun itu menjadikan kegiatan tersebut menjadi peluang bisnis. Ya, Putri sudah belajar masak sejak kelas 4 SD. Bakat memasaknya turun dari sang ibunda yang juga senang mencoba berbagai resep makanan.
Putri Habibie, Cucu Rudy Habibie yang Jadi Juru Masak IRT hingga SelebritiFoto: Dok. Instagram

Putri mengatakan makanan pertama yang coba dibuatnya adalah cookies goreng. Meski diakui bantet namun ia tidak putus asa dan terus mencoba. Putri mulai benar-benar bisa memasak ketika duduk di kelas 6 SD dan mencoba bisnis makanan ketika SMA. Ia mengaku mulai kepikiran bisnis makanan karena mau cari uang. Sejak kecil, Putri mengatakan tidak biasa dimanja dengan uang.

"Awalnya memulai usaha itu karena aku ingin cari uang. Di keluarga aku nggak dididik dikasih uang terus, saat SMA aku mau beli bass dan ampli buat ngeband makanya aku jualan makanan yang paling gampang menurutku. Aku paksa tante om beli dan akhirnya teman-teman juga ada yang pesan. Dari situ aku mikir kok gampang ya jualan makanan sampai akhirnya aku bisa beli bass-nya," cerita Putri kepada Wolipop di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tidak berhenti sampai di situ, Putri berusaha mengembangkan bisnis kuenya dengan membuka toko online yang dinamakan Lady Bake. Setelah itu, ia baru mengerti kalau sangat banyak kompetitornya. Tak ingin kalah saing, Putri pergi mencari les masak. Namun ia merasa kelas memasak yang ada di Jakarta kurang fleksibel sedangkan Putri masih sibuk kuliah.

Wanita yang sedang mengambil gelar masternya di Binus Business School itu pun memiliki ide kenapa ia tidak membuat kelas memasak sendiri. Untuk buka kelas masak tentu Putri harus punya banyak keahlian dalam menangani beragam resep. Ia memilih untuk belajar masak dari teman-temannya yang piawai di bidang tersebut.

Setelah merasa percaya diri dengan kemampuannya, Putri mengaku mulai membuka kelas masak. Klien pertamanya adalah pasangan kekasih yang bosan dengan cara pacaran mereka sehingga ingin mencoba memasak berdua. Sejak saat itu, bisnis kelas memasak bersama Lady Bake semakin berkembang.

"Pertama itu justru yang datang bukan yang mau jualan tapi pasangan pacar bosan ke mal. Kita hidup di era Instagram untuk mengiklankan kelas-kelas aku, kelasnya private. Yang ikut kelas aku mostly mereka home cook, mau belajar masak, mau jualan, dan demi anak. Sampai akhirnya kita berevolusi seperti tempat les yang aku inginkan dulu. Kelasnya sendiri, waktu dan tempat terserah murid. Bisa juga private bukan berarti sendiri kalau mau bersama teman-teman juga bisa. Misalnya acara arisan ibu-ibu muda, ultah anak, se-geng berlima mau masak bareng," jelas Putri lagi.

Sejak membuka kelas di 2014, sudah ratusan wanita maupun pria yang pernah diajarkan masak olehnya. Murid yang diajarkan mulai dari anak-anak hingga selebriti. Putri juga mengatakan kalau ia mengajar masak di Labschool Kebayoran. Sedangkan selebriti yang sudah pernah diajarinya ada Raisa, Aurel dan Ashanty, Natasha Rizky, Alice Norin, hingga beberapa YouTuber.
Putri Habibie, Cucu Rudy Habibie yang Jadi Juru Masak IRT hingga SelebritiFoto: Dok. Instagram

Meski sudah piawai dalam memasak namun Putri tidak mau disebut sebagai chef. Menurutnya, chef merupakan sebutan yang terlalu bagus untuknya. Ia lebih senang disebut sebagai home cook.

"Aku merasa terlalu bagus untuk mendapatkan predikat chef. Aku hanya anak rumahan yang suka masak. Untuk disebut sebagai chef itu suatu kemewahan karena sulit sekali sekolahnya. Teman-temanku yang sekolah chef sangat sulit. Aku nggak ngambil pendidikan chef karena pressure-nya besar sekali aku merasa nggak kuat mental seperti chef lainnya," aku Putri sambil tertawa.

Bagi Anda yang ingin mencoba belajar masak dengan Putri, caranya sangat mudah hanya tinggal hubungi lewat Whatsapp untuk menentukan jadwal dan menunya. Putri mengatakan setiap pertemuan ada enam menu yang bisa menjadi pilihan. Murid yang ingin belajar bisa ikut kelas masak di rumahnya atau bisa juga Putri menghampiri kediaman Anda dengan membawa semua perlengkapan masaknya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 500 ribu setiap kelas. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177