Selasa, 05/12/2017 13:35 WIB

Mahasiswi Kanada Ciptakan Hijab Darurat untuk Bantu Korban Islamophobia

Arina Yulistara - wolipop
Mahasiswi Kanada Ciptakan Hijab Darurat untuk Bantu Korban Islamophobia Foto: Dok. CTV News Atlantic
Kanada - Tak sedikit wanita berhijab yang mengalami penyerangan Islamophobia hanya karena penampilan mereka. Untuk membantu para korban Islamophobia, sekelompok mahasiswi Kanada membuat emergency hijab kits sebagai bentuk solidaritas.

Mahasiswi Dalhousie University membuat rangkaian jilbab pengganti untuk membantu jika ada hijabers di sekitar kampus yang hijabnya ditarik paksa atau dirusak. Ide ini bermula dari cerita teman dan muslimah lain yang mengalami sikap diskriminasi karena jilbabnya.
Amina AbawajyAmina Abawajy Foto: Dok. CTV News Atlantic

Ketua Komunitas Dalhousie Student Union, Amina Abawajy, menjelaskan bahwa saat terjadi diskriminasi tersebut, hijabers akan mengalami trauma dan dalam beberapa kasus pelakunya tak tertangkap. Bahkan Amina menuturkan mendapat laporan dari Halifax Regional Police kalau wanita muslimah berusia muda sering menjadi target.

"Ini bisa menyebabkan traumatis. Ini kekerasan. Kami ingin membantu mereka yang mengalaminya," ujar Amina.

Oleh karena itu, tim dari Dalhousie Student Union bekerjasama dengan Nova Scotia Public Interest Research Group membuat hijab darurat. Setiap hijabers khususnya mahasiswi di Dalhousie University bisa mendapatkan jilbab tersebut jika ada kejadian tak terduga yang menimpa mereka hanya karena penampilannya.

Hijab darurat yang diciptakan juga telah disetujui oleh pihak kampus. Tim keamanan di Dalhousie University diminta untuk memiliki hijab darurat jika ada mahasiswi yang menjadi korban Islamophobia. Meski demikian, mereka berharap hijab darurat tak pernah digunakan.

"Dalhousie Security telah setuju mempunyai hijab kits untuk mereka yang membutuhkannya. Harapan kami, hijab darurat tidak perlu digunakan," jelas Dalhousie University's Senior Communications Manager, Janet Bryson.



(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com