Senin, 27/11/2017 17:41 WIB

39% Wanita Simpan Jeans Lama yang Kekecilan untuk Motivasi Turun Berat Badan

Hestianingsih - wolipop
39% Wanita Simpan Jeans Lama yang Kekecilan untuk Motivasi Turun Berat Badan Foto: Thinkstock
Jakarta - Wanita punya berbagai cara untuk memotivasi dirinya sendiri agar sukses menurunkan berat badan. Salah satunya, dengan menyimpan jeans lama yang sudah tidak muat lagi dipakai.

Berdasarkan survei yang diselenggarakan Harris Poll, sebuah perusahaan market research asal New York, 39 persen wanita menyimpan jeans lama mereka meskipun sudah tidak muat. Tujuannya, sebagai motivasi untuk menurunkan berat badan.

Apakah cara ini efektif dan cenderung sehat bagi fisik maupun mental? Jawabannya, tergantung. Dampaknya bisa positif tapi bisa juga jadi negatif.
39% Wanita Simpan Jeans Lama yang Kekecilan untuk Motivasi Turun Berat BadanFoto: thinkstock

"Penekanannya lebih kepada komposisi tubuh secara keseluruhan bukan sekadar ukuran dalam angka, dan itu penting dari perspektif kesehatan," ujar Melina Jampolis, M.D., seorang dokter gizi berbasis di Los Angeles, seperti dikutip dari Women's Health.

Menyimpan jeans yang sudah tidak muat sebagai motivasi menurunkan berat badan juga memberi keuntungan secara finansial. Ketika tubuh sudah mencapai berat ideal dan jeans kesayangan muat lagi dipakai, maka kamu tidak perlu membeli pakaian lagi sebagai 'penghargaan' untuk diri sendiri karena telah berhasil meraih target penurunan berat badan.

Dampaknya menyimpan jeans lama yang sudah tidak muat bisa jadi negatif, jika kamu menjadikannya sebagai obsesi, bukan motivasi. Diet yang dilakukan pun tidak sehat dan terbilang ekstrem. Terlebih lagi jika ukuran tubuh sudah dua kali lebih besar dari ukuran jeans sebelumnya, dan kamu memaksakan agar jeans itu kembali muat dengan diet yang bisa mengganggu kesehatan.
39% Wanita Simpan Jeans Lama yang Kekecilan untuk Motivasi Turun Berat BadanFoto: Thinkstock

Solusinya? Jalankanlah pola makan sehat dengan mengasup makanan yang seimbang, antara jumlah kalori yang masuk dan yang dikeluarkan. Berat badan yang turun karena makan sehat anggaplah sebagai bonus.

Jika kamu punya jeans yang sudah bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun teronggok di lemari dan tidak pernah dipakai lagi karena tidak muat, maka sudah saatnya jeans itu diberikan ke orang lain atau disumbangkan saja. Carilah jeans dengan ukuran yang sekarang, sebagai motivasi kamu untuk move on dari obsesi menjadi kurus. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com