Senin, 27/11/2017 15:47 WIB

Influencer VS Selebriti, Siapa yang Lebih Berpengaruh Sekarang?

Kiki Oktaviani - wolipop
Influencer VS Selebriti, Siapa yang Lebih Berpengaruh Sekarang? Foto: dok. Nikkie Tutorial
Jakarta - 'Bintang' tak hanya datang dari kaum selebriti saja, kini influencer juga bisa disebut bintang karena memiliki penggemarnya sendiri. Influencer biasa datang dari dunia Instagram, blogger atau Youtuber yang kemudian menjadi bintang internet. Hingga tak heran jika kini influencer dipercaya oleh brand untuk mengiklankan produk mereka.

Lalu, siapakah yang lebih berpengaruh, influencer atau selebriti?

Seperti dikutip Tribe Dynamics, 80% dari 15 brand kecantikan populer bekerjasama dengan influencer misalnya saja Jaclyn Hill hingga Nikkie de Jager atau yang lebih dikenal Nikkie Tutorial. Menurut laporan dari perusahaan analisa pasar internasional NPD Group, brand kosmetik lebih untung jika menggunakan influencer dibanding selebriti.

Influencer VS Selebriti, Siapa yang Lebih Berpengaruh Sekarang?Mario Dedivanovic Foto: Dok. Instagram


Misalnya saat Anastasia Baverly Hills bekerjasama dengan makeup artist dan influencer Mario Dedivanovic. Dari laporan, penjualan produk Anastasia terdongkrak empat kali lipat dibanding dengan kosemtik Becca yang bekerjsama dengan Gwen Stefani.

"Terbukti bahwa kerjasama dengan influencer tertentu berhasil menghasillkan lebih banyak penjualan dibanding kerjasama dengan selebriti," begitu menurut pihak NPD Group seperti dikutip dari WWD.

Influencer VS Selebriti, Siapa yang Lebih Berpengaruh Sekarang?Arielle Charnas Foto: dok. Arielle Charnas


Tak hanya industri kecantikan, ranah fashion perlahan-lahan kini pun sudah mulai memanfaatkan influencer. Misalnya saja brand blogger fashion Arielle Charnas yang merilis produk fashion bekerjasama dengan Nordstrom yang berhasil laris manis dalam waktu kurang dari 24 jam.

Brand kecantikan dan fashion diprediksi semakin hari akan meninggalkan selebriti dan mencari influencer untuk memasarkan produk mereka. Selain karena faktor meningkatnya nilai penjualan, influencer pun dibayar lebih murah dibanding selebriti. Kerjasama dengan beauty influencer dibayar sekitar US$ 500 ribu atau Rp 6 miliar. Sementara selebriti dibayar bisa puluhan hingga ratusan miliar rupiah.

Influencer VS Selebriti, Siapa yang Lebih Berpengaruh Sekarang?Nikkie Tutorial Foto: dok. Youtube


Pakar marketing dari perusahaan marketing Tribe Dynamics, Conor Begley melihat bahwa influencer lebih kuat secara marketing karena konsumen melihat produk yang mereka gunakan. Misalnya followers Nikkie Tutorial melihat atau follw media sosialnya karena ingin tahu produk makeup yang digunakan Nikkie. Berbeda dengan followers Kim Kardashian yang kebanyakan ingin melihat kehidupannya (biasanya terkait dengan gosip).

"Ada hubungan yang berbeda dengan influencer. Mereka memiliki pengikut setia karena hal tersebut berasal dari review-nya. Hal seperti ini yang diinginkan konsumen saat ini sehingga sesuatu yang dibicarakan oleh seorang influencer dinilai lebih dipercaya," ujar Conor Begley. (kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com