Senin, 27/11/2017 07:20 WIB

Intimate Interview

Dellie Threesyadinda, Pemanah Cantik yang Bawa Harum Nama Indonesia

Anggi Mayasari - wolipop
Dellie Threesyadinda, Pemanah Cantik yang Bawa Harum Nama Indonesia Foto: Instagram Dellie Threesyadinda
Lombok -
Nama Dellie Trisyadinda dikenal jadi salah satu atlet panahan yang sering berlaga di kejuaraan dunia. Ia pun cukup aktif menyumbang prestasi untuk Tanah Air. Wanita yang akrab disapa Dinda ini pernah mendapatkan medali emas di ajang Sea Games 2013.

Dinda mulai belajar teknik olahraga panahan dan ikut kejuaraan sejak usia tujuh tahun. Pada mulanya ia menggeluti panahan karena dorongan dari orangtuanya. Namun, lambat laun ia pun jadi mencintai olahraga tersebut.

"Waktu tujuh tahun, aku ikut pertandingan daerah gitu terus menang, dari situ ikut pertandingan berikutnya jadi nagih. Terus di kejurnas dulu turun di event nasional PON, terus ASEAN sampai World Cup," Cerita Dinda pada acara Marina Beauty Journey di Vila Ombak Resort, Lombok.

Wanita asal Surabaya ini berhasil mengukir prestasi pada ajang Archery World Cup di Turki pada 2016 dengan membawa medali perunggu. Putri dari atlet panahan senior Lilies Handayani ini juga pernah meraih emas di Asian Gran Prix 2013 di Bangkok, Thailand.

Berhasil menang di berbagai kejuaraan, Dinda pun mengungkapkan bahwa setiap pertandingannya itu memiliki tantangan tersendiri. Ia mengaku tak bisa terpaku dengan kemenangan yang dihasilkannya karena harus selalu meningkatkan performa untuk pertandingan berikutnya.

"Sedikit banyak pasti lebih sulit, karena kalau kita udah di atas tapi kita diem aja nanti yang lainnya teman-temannya pada nyusul. Lawan kita kan juga selalu ganti terus," jelasnya.

Dellie Trisyadinda, Pemanah Cantik yang Bawa Harum Nama IndonesiaFoto: Instagram Dellie Trisyadinda
Bagi atlet cantik ini, olahraga panahan memengaruhi banyak karakternya. Dinda bisa belajar untuk mengendalikan emosi, mengontrol diri, dan fokus.

"Karena pada saat kita pertandingan, yang kita kalahkan itu bukan lawan kita, tapi gimana kita bisa mengendalikan emosi. Kita nggak boleh terlalu ingin menang. Kita juga harus kontrol semangat dan ambisi, kita harus fokus. Kalau fokusnya cuma ingin menang dan bukannya ke teknik itu bakalan buyar," kata Dinda.

Masuk ke tim nasional pada 2007, atlet panahan yang juga jadi brand ambassador Marina ini pernah merasa terpuruk saat scorenya dalam pertandingan tiba-tiba turun dan kehilangan semangat. Meskipun begitu, ia pun mencoba bangkit dengan memotivasi pikiran positif dan percaya bahwa semua adalah proses kehidupan

"Golden moment itu bukan saat saya mendapat medali emas, tapi gimana saat saya jatuh, saat lagi down tapi bisa balik lagi, berjuang lagi buat bisa bagus lagi," ujar Dinda.

Membawa nama Indonesia bagi wanita berusia 27 tahun ini bukan hanya kebanggaan untuk dirinya sendiri. Tapi, suatu tugas bagaimana caranya Indonesia bisa ditempatkan di tempat terbaik.

"Jadi kita udah mikir bukan individu. Saat teman kita dapat medali emas, kita ikut nangis,ikut senang. Disaat kita menyanyikan lagu Indonesia Raya di negara orang, kita ikut nangis sampai segitunya udahan," tuturnya.
Dellie Trisyadinda, Pemanah Cantik yang Bawa Harum Nama IndonesiaFoto: Instagram Dellie Threesyadinda
Meski bukanlah hal mudah untuk bisa menjadi terbaik Dinda akan selalu berusaha keras. Ia pun mengungkapkan bahwa terus berusaha dan tak menyerah akan selalu menghasilkan hal yang terbaik.

"Harus keras, kalau nggak keras nggak bisa kena targetnya. Kita latihan fisik, abis latiham fisik kita latihan panah, istirahat cuma dua jam, abis itu kita latihan lagi sampai sore. Malam kita recovery terus kita lakuin sampai Sabtu, Minggu kita rest. Karena kita mengejar sesuatu ada harga yang harus dibayar, ada yang harus dikorbankan, keluarga pasti, terus waktu untuk main-main itu pasti berkurang," terang Dinda.

"Kalau kita berusaha terus itu pasti tidak akan menghianati hasil. Jangan pernah minder. Kadang-kadang eventnya udah dunia kita merasa kecil. Padahal kita semua sama. Kita harus bawa satu kepercayaan diri yang memang harus kita punya," tambahnya. (agm/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177