Kamis, 23/11/2017 09:46 WIB

Mengintip Dekorasi Pelaminan Adat Kahiyang-Bobby di Medan

Daniel Ngantung - wolipop
Mengintip Dekorasi Pelaminan Adat Kahiyang-Bobby di Medan Foto: Dok. Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Kemeriahan pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution berlanjut di Medan, Sumatera Utara. Berbagai persiapan sudah mulai rampung, termasuk dekorasi yang menawarkan keunikan tersendiri.

Dekorasi untuk pesta adat yang digelar di kediaman keluarga Bobby pada Jumat (24/11/2017) menjadi tanggung jawab Istana Pengantin.

"Persiapannya sudah 90 persen. Tinggal tambah final touch saja," ujar Nurnaningsih yang akrab disapa Bu Neneng saat ditemui di media centre, Rabu (22/11/2017).
Mengintip Dekorasi Pelaminan Adat Kahiyang-Bobby di MedanFoto: Dok. Instagram @istana.pengantin

Istana Pengantin juga yang mengurusi dekorasi Haroan Boru dan prosesi pemberian adat yang sudah digelar beberapa hari sebelumnya. Tema yang diusung masih sama seperti sebelumnya, yakni bernuansa Mandailing, Tapanuli Selatan, daerah asal Bobby.

Namun Istana Pengantin memberikan sentuhan yang berbeda khususnya pada area pelaminan saat pesta adat nanti.

"Ada hiasan kepala pengantin Mandailing di pelaminan," kata Bu Neneng yang juga pernah menangani dekorasi pernikahan kakak Bobby beberapa tahun lalu.

Topi pengantin pria ukuran besar bertengger di sisi kanan atas pelaminan. Sementara hiasan kepala pengantin wanita yang biasa disebut bulang menghiasi sisi kiri atas. Sementara itu, area dindingnya dilapisi oleh ulos-ulos khas Mandailing dalam dominasi warna merah, hitam, dan kuning.

Berbagai jenis bunga pun ikut menghiasi area pelaminan, seperti melati, baby-breath, peacock dan carnation.

"Semuanya bunga lokal, diambil dari Brastagi, sekitar 1-2 jam perjalanan dari sini," kata perempuan yang telah merintis bisnis dekorasi pengantin sejak 20 tahun lalu itu.


(dng/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com