Rabu, 22/11/2017 14:13 WIB

7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Belanja Barang Mahal di Luar Negeri

Rahmi Anjani - wolipop
7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Belanja Barang Mahal di Luar Negeri Foto: Thinkstock
Jakarta - Cukup banyak shopaholic atau fashionista yang tidak memusingkan masalah harga ketika berbelanja. Ketika menemukan busana, sepatu, atau aksesori yang disuka mereka langsung membelinya tanpa pikir panjang. Meski merasa puas karena bisa memiliki barang baru, hobi ini tak jarang menimbulkan permasalahan finansial di kemudian hari. Sebagian dari mereka tidak punya sisa penghasilan untuk ditabung, harus menghemat pengeluaran sampai gajian bulan depan datang, atau tagihan kartu kredit jadi membengkak. Sebelum Anda menyesal karena merasakan hal-hal di atas berikut tujuh hal yang perlu dipikirkan sebelum membeli barang mahal:

1. Belum Punya
Untuk Anda yang berpenghasilan tinggi, mungkin tidak memiliki masalah jika berbelanja barang-barang mahal. Namun bila tidak, tentu Anda harus memastikan bahwa item itu pantas dibeli. Sebelum memilih barang yang harganya tidak murah, pastikan jika Anda belum punya benda dengan model yang serupa. Ingat-ingat kembali isi lemari Anda sehingga baju baru itu tidak sia-sia.

2. Bukan Karena Tren
Sebaiknya belilah item fashion mahal yang modelnya timeless sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Hindari berbelanja sesuatu yang sekiranya hanya sedang tren musim itu dan tidak ingin dipakai tahun depan. Kemudian pastikan pula bila barang itu berkualitas sehingga tidak mudah rusak.

3. Bukan Karena Brand
Apakah Anda masih mau membeli barang itu jika label-nya dicopot? Saat hendak berbelanja sesuatu yang tidak murah pastikan bila Anda bukan hanya tergiur brand. Memakai busana asal merek ternama mungkin terlihat keren namun tidak terlalu keren jika Anda harus bangkrut setelah keluar toko.

4. Bukan untuk Pamer di Instagram
Tidak bisa dipungkiri jika Instagram mendorong orang untuk tampil stylish. Banyak wanita jadi lebih konsumtif karena ingin bergaya keren dalam foto. Pikir-pikir lah kembali bila Instagram tidak ada, apakah Anda masih mau membeli barang itu?

5. Akan Sering Dipakai
Ketika berbelanja sebuah coat tebal, mungkin Anda berpikir akan memakainya ketika berlibur ke luar negeri. Jika belum punya rencana untuk pergi ke sana, jangan dulu tergoda untuk membelinya. Pastikan bila item tersebut fungsional dan akan sering dipakai.

6. Tidak Karena Blogger atau Seleb
Fashionista pasti sering melihat-lihat gaya selebriti atau blogger favorit. Ketika menemukan sebuah busana yang mirip dengan milik mereka, tak jarang ada keinginan untuk membeli. Namun bila modelnya tidak realistis untuk Anda kenakan di keseharian bahkan pesta apalagi harganya sangat mahal, sebaiknya pikir-pikir lagi. Para blogger atau seleb pun mungkin tidak beli barang itu karena disponsori.

7. Ada yang Lebih Murah
Membeli busana mahal asal brand ternama mungkin penting untuk investasi. Namun jika ada item serupa dari merek lain yang lebih terjangkau, mengapa tidak memilih yang itu? Sebelum berbelanja, ada baiknya Anda menjelajah internet untuk mencari versinya yang aman di kantong.

Sedangkan untuk Anda yang ingin belanja barang-barang di toko besar, ada baiknya memanfaatkan kartu kredit. Selain bisa lebih mudah dan aman bertransaksi, pemakaian kartu kredit juga dapat menguntungkan. Mega Travel Card adalah salah satu kartu kredit yang punya keistimewaan khusus saat digunakan liburan. Kartu tersebut menawarkan garansi nilai tukar terbaik. Bahkan Mega Travel Card akan mengganti dua kali selisih kurs jika Anda menemukan kartu kredit sejenis yang menawarkan kurs lebih baik.

Anda pun akan menerima double point ketika kartu kredit dipakai di luar negeri. Poin itu bisa digunakan untuk tiket penerbangan, hotel, paket tur, umroh, hingga cruise di Antafaya. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177